PM Petr Fiala Tegaskan Indonesia Mitra Penting Bagi Ceko

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 18 April 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 623 Kali

Presiden Jokowi dan PM Petr Fiala, di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (18/04/2023). (Foto: BPMI Setpres)

Perdana Menteri (PM) Republik Ceko Petr Fiala menegaskan bahwa  Indonesia adalah mitra yang sangat penting bagi Ceko dan Uni Eropa (UE).

Hal tersebut disampaikan PM Fiala dalam pernyataan pers bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), usai pertemuan bilateral, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/04/2023),

“Kerja sama ekonomi kita tumbuh dan itu sangat penting sekarang. Impor kami dari Indonesia adalah 637 juta dolar AS pada tahun lalu,” ungkap PM Fiala.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, kata PM Fiala, Indonesia dan Ceko membahas potensi kerja sama di berbagai bidang.

“Perwakilan perusahaan Ceko hadir di sini bersama saya. Mereka ingin memulai atau memperluas bisnis mereka dengan mitra dari negara Anda,“ ujar PM Fiala kepada Presiden Jokowi.

Selain produk-produk di sektor energi, peralatan medis, dan penerbangan, kata PM Ceko, pihaknya juga membuka peluang untuk mendatangkan berbagai produk lainnya ke Indonesia.

“Kami bisa meningkatkan investasi di Indonesia,” imbuhnya.

Di bidang pertahanan dan keamanan, PM Fiala menegaskan bahwa Indonesia adalah salah satu mitra penting Ceko. PM Fiala pun berharap kerja sama ini dapat terus ditingkatkan, termasuk keamanan siber.

Dalam pernyataannya, PM Fiala juga mengungkapkan ketertarikan sejumlah pengusaha Ceko untuk terlibat dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Perusahaan-perusahaan Ceko berminat dalam proyek tersebut, beberapa dari mereka ikut serta dalam kunjungan ini bersama saya. Mereka dapat menyediakan teknologi cerdas dan ramah lingkungan,” pungkasnya. (SLN/UN)

Berita Terbaru