PM Rui Maria de Araujo Sebut Pembicaraannya Dengan Presiden Jokowi Sangat Konstruktif

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 26 Agustus 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 26.092 Kali
Presiden Jokowi dan PM Timor Leste Rui Maria de Araujo menyempatkan diri berbincang, saat menyaksikan penandatanganan kerjasama kedua negara, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/8)

Presiden Jokowi dan PM Timor Leste Rui Maria de Araujo menyempatkan diri berbincang, saat menyaksikan penandatanganan kerjasama kedua negara, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/8)

Perdana Menteri (PM) Timor Leste Rui Maria de Araujo mengatakan, pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/8) berlangsung sangat konstruktif. Ia menyebutkan, pertemuan delegasi kedua negara membahas berbagai masalah regional dan internasional.

“Saya mencatat tekad kedua negara untuk memperkuat hubungan bilateral. Hubungan bisnis mencatat perkembangan yang positif, dengan fokus pada kerjasama ekonomi,” kata PM Rui Maria de Araujo dalam konperensi pers bersama dengan Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakata, Rabu (26/8) siang.

Menurut Rui Maria menyampaikan apresiasi pemerintahannya kepada Indonesia atas berlanjutnya tekad untuk meningkatkan kemitraan dan bantuan teknis, khususnya dalam bidang perikanan, pertanian, kehutanan, perdagangan, dan infrastruktur, yang sejalan dengan agenda pembangunan Timor Leste.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembicaraan bilateral kedua negara telah menyepakati masalah perbatasan, baik perbatasan darat maupun perbatasan maritim.

“Perbatasan darat ada dua titik yang belum selesai, dan tadi sudah kita sepakati untuk bisa diselesaikan pada akhir tahun ini, dua titik tadi,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers bersama PM Timor Leste Rui Maria De Araujo, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/8).

Kemudian mengenai perbatasan maritim, lanjut Presiden Jokowi, kedua negara sepakat juga akan segera mulai dan akan dimulai dari laut yang bagian Utara terlebih dahulu, kemudian nanti baru menginjak ke laut di bagian Selatan.

“Saya kira ini juga akan cepat bisa diselesaikan,” ungkap Presiden Jokowi.

Isu yang kedua, hal yang berkaitan dengan perdagangan dan investasi, menurut Presiden Jokowi, Indonesia terus berkomitmen untuk berpartisipasi terus dalam pembangunan infrastruktur, dan investasi-investasi di Timor Leste. (DND/RAH/ES)

 

Berita Terbaru