Presiden Apresiasi Kemenangan Timnas Sepak Bola Indonesia di SEA Games 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 17 Mei 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 10.125 Kali

Timnas Sepak Bola Indonesia U-22 usai pengalungan medali emas di SEA Games Kamboja, Selasa (16/05/2023). (Foto: PSSI)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi kepada para pemain tim nasional (timnas) Indonesia U-22 yang berhasil mendapatkan medali emas dalam laga sepak bola SEA Games 2023 di Kamboja. Presiden menilai hal tersebut merupakan hasil kerja keras dari seluruh pihak yang terlibat.

“Selamat kepada seluruh pemain, atlet, ofisial, semuanya, ini kerja yang betahun-tahun, yang berkesinambungan kompetisinya, kemudian masuk ke training camp saya kira ini sangat bagus sekali,” ucap Presiden dalam keterangannya di Si Bolang Durian, Kota Medan, Sumatra Utara, Selasa (16/05/2023).

Melihat kemenangan timnas Indonesia setelah menunggu selama 32 tahun untuk menjadi juara SEA Games, Presiden merasa sangat bahagia. Presiden pun menilai para pemain dalam laga tersebut bermain dengan mental juara.

“Sangat happy banget karena Indonesia-Thailand, 5-2, yang saya sampaikan kemarin mental pemenang, mental juara kelihatan sekali ada. Main tanpa beban mental, tapi ini kan sudah kita tunggu 32 tahun untuk menjadi juara di Asia Tenggara. 32 tahun kita nunggu,” kata Presiden.

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga bercerita mengenai jalannya pertandingan antara Indonesia dan Thailand tersebut.

“Pertama, gol pertama tadi Ramadhan Sananta itu golnya satu, yang kedua, kemudian yang ketiga Irfan Jauhari, itu yang ketiga juga menimbulkan semangat lagi, untuk keempat tadi Fajar Fathur Rahman golnya juga, yang terakhir ditutup Beckham Putra ya udah lima rampung,” jelas Presiden.

“Karena memang sebelumnya juga saya keliru juga, sudah diselametin ternyata masih main dan [kemasukan] gol kaget juga gitu,” sambungnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menonton laga final sepak bola SEA Games 2023 antara timnas Indonesia U-22 melawan timnas Thailand di Rumah Dinas Wali Kota Medan.

Di depan layar besar, Presiden Jokowi yang mengenakan kaus berwarna hijau terlihat beberapa kali mengangkat tangan sebagai bentuk selebrasi setiap kali timnas Indonesia berhasil mencetak gol ke gawang lawan.

Suasana saat itu sangat hangat dan bersemangat, Presiden yang didampingi oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama istri Kahiyang Ayu, dan putra sulung Presiden Gibran Rakabuming Raka, serta sejumlah pasukan pengamanan presiden (Paspampres) yang juga ikut menonton, terlihat beberapa kali bersorak antusias menyaksikan laga antara Indonesia dan Thailand tersebut yang berlangsung cukup alot pada awalnya.

Puncak antusiasme bahagia saat itu terlihat ketika timnas Indonesia kembali bangkit pada masa extra time yang berhasil mencetak tiga gol sekaligus, yang akhirnya membawa Indonesia menang dengan skor akhir 5-2 melawan Thailand.

Sebagai bentuk perayaan kemenangan timnas Indonesia dalam laga tersebut, Presiden pun kemudian mengajak seluruh rombongan yang ikut serta dalam kunjungan kerjanya untuk makan durian bersama.

“Tadi sore memang saya janjian, kalau menang, para menteri, Pak Gub, dan lain-lain, kalau menang mau saya traktir di Si Bolang untuk makan durian bareng-bareng, jadi karena menang ya harus traktir, janjiannya seperti itu,” ucap Presiden.

Tampak hadir Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, dan Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah. (BPMI SETPRES/UN)

Berita Terbaru