Presiden El-Sisi Undang Presiden Jokowi Hadiri COP27 di Mesir

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 18 Maret 2022
Kategori: Berita
Dibaca: 639 Kali

Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung dan Menlu RI Retno MarsudiĀ  menerima kunjungan kehormatan Menlu Mesir Sameh Shoukry di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/03/2022). (Foto: BPMI Setpres/Kris)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan delegasi Republik Arab Mesir yaitu Menteri Luar Negeri (Menlu) Mesir Sameh Shoukry di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat (18/03/2022). Dalam pertemuan tersebut, delegasi Mesir menyampaikan undangan Presiden Mesir, Abdel Fattah El-Sisi, kepada Presiden Joko Widodo untuk menghadiri KTT Perubahan Iklim atau COP27.

“Di dalam pertemuan tadi, Menteri Luar Negeri Mesir menyampaikan surat undangan dari Presiden El-Sisi kepada Bapak Presiden untuk hadir di dalam pertemuan COP27 yang akan dilakukan di Mesir pada bulan November tahun ini,” ujar Menlu RI Retno Marsudi dalam keterangannya selepas mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan.

[Simak Menteri PUPR Kupas Tuntas Visi dan Tantangan Pembangunan Infrastruktur di Tanah Air di sini]

Selain itu, di dalam pembicaraan tersebut Presiden Jokowi dan delegasi Mesir membahas sejumlah hal, antara lain upaya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, termasuk perdagangan dan investasi. Di bidang perdagangan, Menlu Retno menjelaskan bahwa angkanya cukup bagus, bahkan di tengah pandemi pun pada tahun lalu misalnya, perdagangan kedua negara mengalami kenaikan 57,6 persen dan mencapai USD1,86 miliar.

“Dengan tren yang makin naik ini, kita optimistis bahwa ke depan kita akan terus dapat meningkatkan kerja sama perdagangan dan tadi Bapak Presiden juga menyampaikan pentingnya kedua belah pihak untuk terus bekerja bersama meningkatkan investasi di kedua negara,” imbuh Menlu Retno.

Di samping itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan mengenai masalah kerja sama di bidang pendidikan. Kepada pemerintah Mesir, Presiden Jokowi menitipkan mahasiswa Indonesia yang belajar di Mesir yang jumlahnya sangat banyak.

“Bapak Presiden secara khusus juga menyampaikan permintaan untuk akses yang lebih luas, termasuk untuk bidang pelayanan kesehatan bagi para mahasiswa kita,” lanjutnya.

Menlu Retno juga menyebutkan bahwa dalam sejumlah kesempatan, Menteri Luar Negeri Mesir menyampaikan apresiasinya terhadap kepemimpinan Indonesia, terutama di antara negara-negara berkembang. “Kepemimpinan Indonesia ini menjadi sangat penting artinya di tengah situasi global yang sangat banyak tantangannya pada saat ini,” ungkapnya.

“Setelah ini saya akan lakukan pertemuan bilateral untuk berbicara secara lebih detail dari apa yang sudah diarahkan oleh Bapak Presiden tadi,” tandas Retno.

Dalam pertemuan tersebut Menteri Luar Negeri Republik Arab Mesir hadir bersama Duta Besar Republik Arab Mesir untuk Republik Indonesia Ashraf Sultan. Sementara itu Presiden Jokowi tampak didampingi juga oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (BPMI SETPRES/AIT)

Berita Terbaru