Presiden Jokowi Akan Kunjungi Cina, Jepang, dan Korea Selatan

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 22 Juli 2022
Kategori: Berita
Dibaca: 1.662 Kali

Menlu Retno LP Marsudi (Foto: Dokumentasi BPMI Setpres)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) diagendakan untuk melakukan lawatan ke tiga negara di Asia Timur selama tiga hari pada tanggal 26 hingga 28 Juli mendatang. Tiga negara yang akan dikunjungi Presiden adalah Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, dan Korea Selatan.

“Rencana kunjungan Presiden RI ke Beijing akan dilakukan pada 26 Juli 2022, sementara ke Tokyo tanggal 27 Juli, dan ke Seoul tanggal 28 Juli 2022. Kunjungan ini adalah kunjungan yang singkat, 3 hari untuk 3 negara,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dalam keterangan persnya, Kamis (21/07/2022), secara virtual.

Menlu menyampaikan, ketiga negara tersebut merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi serta mitra strategis Indonesia dan ASEAN pada saat berbicara mengenai masalah kawasan.

“Fokus kunjungan adalah membahas penguatan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan dan investasi,” Menlu menambahkan.

Di RRT, Presiden Jokowi direncanakan akan bertemu dengan Premier Le Kiqiang dan Presiden Xi Jinping.

“Presiden RI merupakan salah satu pemimpin pertama yang diterima oleh Presiden Xi Jinping selama pandemi ini, di luar tentunya acara Olimpiade Musim Dingin di Beijing awal tahun ini,” kata Retno.

Retno menyampaikan, RRT merupakan mitra dagang Indonesia terbesar dengan total nilai perdagangan sebesar 110 miliar dolar AS di tahun 2021. Sementara untuk investasi, RRT merupakan investor ketiga terbesar dengan total nilai investasi sekitar 3,2 miliar dolar AS di tahun 2021.

Dari Beijing, Presiden akan melanjutkan kunjungan ke Tokyo, Jepang untuk bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Fumio Kishida.

“Di Tokyo, menurut rencana Bapak Presiden akan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Jepang Fumio Kishida dan dengan kalangan bisnis, yaitu di tanggal 27 Juli 2022,” kata Retno.

Retno menambahkan, Jepang merupakan mitra ekonomi penting dan tradisional Indonesia. Nilai perdagangan bilateral Indonesia-Jepang mencapai lebih dari 32 miliar dolar AS dan nilai investasi Jepang di Indonesia mencapai 2,26 miliar dolar AS tahun 2021.

Destinasi yang dikunjungi Presiden dalam rangkaian kunjungan ke Asia Timur ini adalah Korea Selatan.

“Di Seoul, Bapak Presiden direncanakan akan melakukan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol dan kalangan bisnis pada tanggal 28 Juli 2022,” ujarnya.

Menlu menyampaikan, Korea Selatan juga merupakan mitra penting Indonesia di bidang ekonomi. Nilai perdagangan kedua negara tahun lalu mencapai 18,41 miliar Dolar AS. Sementara investasi Korea Selatan di Indonesia terus bertumbuh dengan pesat, dan pada tahun 2021 mencapai 1,64 miliar Dolar AS.

“Selain membahas penguatan kerja sama bilateral, Presiden dan para pemimpin ketiga negara tersebut tentunya di dalam pertemuan bilateral masing-masing akan membahas perkembangan terakhir beberapa isu kawasan dan isu internasional,” pungkas Retno. (UN)

Berita Terbaru