Presiden Jokowi Akan Umumkan Calon Menterinya di Tempat Khusus

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 21 Oktober 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 30.757 Kali
Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan di Istana Merdeka, Selasa (21/10)

Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan di Istana Merdeka, Selasa (21/10)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah memanggil calon-calon menteri yang akan masuk dalam kabinet pemerintahannya. Pemanggilan ini dilakukan Senin (20/10) malam hingga Selasa (21/10) pukul 03.00 WIB dinihari.

Soal siapa nama-nama calon menteri yang dipanggil, Presiden Jokowi enggan membukanya. “Saya nggak mau sebutkan siapa saja yang datang sampai jam 3 pagi. Kamu hanya sampai jam 10 malam sih, kalau kamu ikut sampai jam 3 pagi, kamu tahu,” kata Presiden Jokowi  kepada wartawan seusai bertemu Perdana Menteri (PM) Papua Nugini Peter O ‘neill di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/10) pagi.

Presiden Jokowi juga memastikan, bahwa calon-calon menterinya itu sudah melalui ‘clearance’ dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Namun Presiden tidak menyebutkan, apakah ada menteri yang direkomendasikan atau ditolak oleh kedua instansi itu.

Namun saat ditanya wartawan mengenai ketentuan larangan calon menterinya merangkap jabatan sebagai pimpinan Partai Politik (Parpol), Jokowi menyergahnya. “Sudah disampaikan tidak. Tidak boleh rangkap-rangkap jabatan, di satu tempat saja ngga bener kok,” ujarnya.

Jokowi juga menegaskan, meskipun ada parpol yang menyodorkan nama ketua umumnya sebagai calon menteri pada kabinetnya, ia tetap yang menentukan. “Itu hak prerogatif,” tegasnya.

Mengenai kapan diumumkan nama-nama menterinya, Presiden Jokowi hanya mengatakan dalam waktu dekat. Adapun tempat pengumumannya, menurut Jokwi, ada di suatu tempat khusus.

“Ya di tempat khusus. Tempat khusus pokoknya,” ujar Jokowi menjawab pertanyaan wartawan.

(WID/ES)

 

Berita Terbaru