Presiden Jokowi Akan Undang Ahok Bahas Banjir Jakarta

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 10 Februari 2015
Kategori: Nusantara
Dibaca: 42.397 Kali

Jakarta BanjirPresiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengundang Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk membahas penanganan dan pencegahan banjir yang terjadi di Jakarta, Senin, termasuk di Istana Kepresidenan.

“Tadi saya memang di-sms Pak Gubernur bahwa Istana banjir, tapi saya belum bicara secara detil mungkin besok saya undang Pak Gubernur,” kata Jokowi kepada wartawan begitu mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Selasa (10/1) dinihari, setelah kunjungan keluar negeri.

Presiden Jokowi meyakini, banjir di Jakarta akan banyak terkurangi jika terowongan Ciliwung menuju Banjir Kanal Timur (BKT) selesai dibangun.

“Selain itu, tahun ini juga sesuai yang saya sampaikan, akan dimulai pembangunan dan pembebasan tanah untuk waduk yang di Ciawi Bogor,” papar Jokowi seraya mengingatkan, bahwa
pembangunan waduk itu tidak mungkin selesai dalam waktu singkat.

Menurut Presiden, sudah berpuluh-puluh tahun masalah banjir di Jakarta belum bisa diselesikan, tapi pemerintahannya akan memperkuat dengan cara-cara itu. “Nanti saya akan melihat progres pembangunan waduk di Ciawi dan akan melihat juga kapan selesainya pembangunan terowongan dari Ciliwung ke BKT,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu Jokowi juga menjelaskan penandatangan nota kesepahaman terkait industri otomotif Malaysia Proton.

Kepung Jakarta

Sebagaimana diketahui hujan yang terus turun sejak Minggu (8/2) malam telah mengakibatkan hampir sebagian besar wilayah Jakarta terendam banjir. Hingga saat ini seiring dengan hujan yang terus terus, ruas-ruas jalan di Jakarta dan sekitarnya masih digenangi air banjir, di antaranya beberapa sudut wilayah Grogol, Matraman, Cengkareng dan Kemayoran.

Genangan air setinggi 40-50 cm sama juga melanda pintu keluar tol Kemayoran PRJ, sedangkan di wilayah Duri, Kosambi, Jakarta Barat, air sudah setinggi 6-80 cm.

Air setinggi sama juga menggenang di depan kawasan Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta Barat. “Sementara tidak bisa dilintasi semua jenis kendaraan bermotor,” tulis Polda Metro dalam Twitternya itu.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca di Jabodetabek untuk hari ini di mana seluruh Jakarta, termasuk Kepulaan Seribu, akan diguyur hujan sampai seharian nanti.

Tidak saja di seluruh wilayah DKI, hujan juga akan terus membasahi wilayah Depok, Tangerang dan Bekasi untuk kemudian menciptakan titik-titik banjir di daerah-daerah ini. (ANT/ES)

 

Nusantara Terbaru