Presiden Jokowi Berharap Waduk Teritip Balikpapan Selesai Sebelum Musim Hujan

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 24 Maret 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 41.945 Kali
Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau Waduk Teritip, di Balikpapan, Kamis (24/3) siang. (Foto: Edi N/Humas)

Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau Waduk Teritip, di Balikpapan, Kamis (24/3) siang. (Foto: Humas/Edi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menutup rangkaian kunjungan kerjanya di Balikpapan, Kamis (24/3)  dengan meninjau proyek pembangunan Waduk Teritip. Presiden meminta agar sebelum musim hujan datang proyek ini bisa selesai.

“Saya mendapat keluhan dari Pak Wali Kota bahwa di Balikpapan terjadi krisis kekurangan air dan kita ingin pembangunan Waduk Teritip ini bisa dipercepat, agar sebelum hujan tahun depan, musim depan itu datang, ini sudah selesai,” kata Presiden seraya menyebutkan, dirinya sudah memerintahkan ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hingga Dirjen agar sebelum musim datang itu bisa diselesaikan.

Menurut Presiden, Waduk Teritip ini dibangun dari sinergi antara APBN Pusat dan APBD daerah. Dari APBD sebesar Rp86 miliar kemudian dari APBN kira-kira Rp370 miliar.

“Ini memang duet-duet seperti ini penting agar pembangunan cepat selesai dan saya kira ini pembebasan lahan oleh pemkot dilakukan cepat sekali sehingga konstruksinya juga bisa dilakukan cepat,” ujar Presiden.

Presiden berharap tahun depan Waduk Teritip sudah menjadi tampungan air baku bagi masyarakat di Balikpapan dan sekitarnya, dan yang kedua juga bisa untuk menghindari banjir dan untuk pariwisata. (DNA/ES)

Berita Terbaru