Presiden Jokowi Bertolak ke Bali dan NTB

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 9 April 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 40.440 Kali

KepresidenanPresiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo, Kamis (8/4)  pagi, bertolak ke Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk kunjungan kerja hingga Sabtu (11/4).

Presiden Jokowi dan rombongan bertolak ke Bali menumpang Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia yang  lepas landas dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 06.15 WIB.

Di Bali, Presiden Jokowi antara lain dijadwalkan menghadiri Kongres PDIP IV, sementara di NTB antara lain akan menghadiri acara Tambora Menyapa Dunia dan panen jagung.

Sebelumnya Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan kehadiran Jokowi di Kongres IV PDIP merupakan upaya membuka komunikasi dengan partai-partai dari Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

“Apalagi dengan PDIP, dengan semua partai Presiden membuka komunikasi,” kata Pratino.

Mensesneg menyebutkan, kesediaan Presiden Jokowi hadir dalam Kongres PDIP itu juga bagian dari menghargai undangan yang telah disampaikan.

“Hampir semua kongres partai anggota KIH (Presiden, red) kan hadir termasuk Hanura di Solo,” ungkap Pratikno.

Sementara Sekretaris Kabinet (Seskab) Andi Widjajanto mengatakan setelah menghadiri Kongres PDIP, Presiden Jokowi akan melanjutkan kunjungan kerja ke Kota Mataram dan Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat hingga Sabtu (11/4).

Tambora Menyapa Dunia

Tambora Menyapa Dunia (TMD)  merupakan kegiatan menyambut dua abad (200 tahun) meletusnya Gunung Tambora, 10-11 April 1815, yang terletak di Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima.

Pemerintah Provinsi  Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadikan acara ini sebagai momentum menjaring wisatawan dengan target  dua juta orang. Puncak acaranya diperkirakan mencapai 15 ribu orang yang hadir di kawasan gunung Tambora.

Gubernur NTB Muhamad Zainul Majdi mengatakan, pencanangan kawasan Gunung Tambora menjadi Taman Nasional dihajatkan dalam rangka mendukung pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Samota (Satonda, Moyo, Tambora).

Gubernur mengharapkan kedatangan Presiden Jokowi menjadi momentum strategis untuk mengenalkan Kawasan Samota yang telah digagas lama menjadi KEK Nasional.

“Kita harapkan, adanya kegiatan ‘Tambora Menyapa Dunia’ ini akan ada investasi yang datang untuk menggali potensi sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” kata  Gubernur Zainul Majdi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal mengatakan, Tambora Menyapa Dunia meliputi antara lain:

* Tambora Bike yang berlangsung empat hari 8-11 April 2015 menyusuri jalanan dari Lombok sampai Dompu,

* Mount Tambora Ultra Trail Run 7-11 April 2015,

* Tambora Chalenge (Trans Sumbawa) yang juga sama waktu penyelenggaraannya, 7-11 April 2015.

* Lari 10 K di Dompu 5 April 2015,

* Sepeda Gunung Nusantara 10 April 2015,

* pacuan kuda di Bima

*  Menangkap Sapi

* Trabas Tambora oleh Ikatan Motor Indonesia (4-5 April 2015),

* Ekspedisi Selebriti Mendaki Tambora 1 Juni 2015,

* Tambora Savana Run 31 Mei 2015 dan

* Lakey Kite Surf Exhibition Camp di pantai Lakey Kecamatan Huu Dompu 21-23 Agustus 2015.

(WID/ES)

Berita Terbaru