Presiden Jokowi Cek Harga Pangan di Pasar Menteng Pulo

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 15 Juni 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 6.893 Kali

Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau Pasar Menteng Pulo, di Jakarta, Rabu (15/06/2023). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau Pasar Menteng Pulo, Jakarta, Kamis (15/06/2023) pagi. Peninjauan ini dilakukan Presiden untuk mengecek harga-harga kebutuhan pokok sekaligus melihat potensi pergerakan inflasi pascalebaran.

“Saya ingin melihat situasi harga, terutama berkaitan dengan inflasi setelah Lebaran,” kata Presiden dalam keterangan pers usai peninjauan.

Menurut Presiden, harga sejumlah kebutuhan pokok masih terjaga. Namun terdapat sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga, seperti harga bawang merah yang mencapai Rp44-45 ribu per kilogram, atau naik dari sebelumnya yang Rp32-34 ribu.

“Beras enggak ada masalah. Beras tadi yang medium dijual Rp9.000 ada, Rp9.500 ada, saya kaget juga ternyata ada yang Rp9.000, bagus saya kira. Minyak juga masih Rp14 ribu, telur turun di Rp31 ribu,” imbuhnya.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat inflasi setelah Lebaran yaitu pada Mei 2023 sebesar 0,09 persen secara bulanan atau month to month (mtm), menurun dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya yang sebesar 0,33 persen (mtm). Perkembangan ini menjadikan inflasi IHK secara tahunan menjadi 4,00 persen (year on year/yoy), lebih rendah dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya yang sebesar 4,33 persen (yoy).

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut, yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (TGH/UN)

Berita Terbaru