Presiden Jokowi dan Ketua Zhao Leji Apresiasi Peningkatan Kerja Sama Indonesia-RRT

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 18 Oktober 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 506 Kali

Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Kongres Rakyat Nasional RRT Zhao Leji, Rabu (18/10/2023), di Great Hall of The People, Beijing. (Foto: BPMI Setpres)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Kongres Rakyat Nasional Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Zhao Leji pada Rabu (18/10/2023), di Great Hall of The People, Beijing. Pertemuan tersebut digelar di sela-sela pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-3 Belt and Road Forum (BRF) for International Cooperation.

Dalam sambutannya, Ketua Zhao Leji menyampaikan apresiasi terhadap peningkatan kerja sama Indonesia dan RRT. Ketua Zhao Leji menyebut, kepemimpinan strategis Presiden Xi Jinping dan Presiden Jokowi berhasil melanjutkan inisiatif belt and road dan visi poros maritim dunia.

“Kerja sama yang saling menguntungkan telah menghasilkan progres yang cukup berimbang sehingga telah berperan sebagai suatu teladan bagi peningkatan kerja sama regional,” ujar Ketua Zhao Leji.

Sementara itu, Presiden Jokowi turut menyampaikan apresiasi terhadap kerja sama antarparlemen Indonesia dan RRT yang telah berjalan dengan baik. Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa Indonesia dan RRT sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama kedua negara di berbagai bidang.

“Dan tentunya ini membutuhkan dukungan dari parlemen,” ungkap Presiden.

Presiden Jokowi pun berharap kemitraan strategis komprehensif Indonesia dan RRT yang telah berjalan selama 10 tahun dapat terus dijaga. Hal tersebut penting dilakukan untuk menjaga hubungan baik kedua negara.

“Kemitraan strategis komprehensif Indonesia dan Tiongkok telah berusia 10 tahun dan ini harus terus kita jaga untuk mempererat hubungan kedua negara,” ucap Presiden Jokowi.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara selaku Ad Interim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Duta Besar RI untuk RRT Djauhari Oratmangun. (BPMI SETPRES/AIT)

Berita Terbaru