Presiden Jokowi Disambut Secara Kenegaraan oleh Presiden Ruto

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 21 Agustus 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 7.482 Kali

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan kepada Presiden Republik Kenya, William Ruto, di State House, Nairobi, Republik Kenya, Senin (21/08/2023). (Foto: BPMI Setpres)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kenegaraan kepada Presiden Republik Kenya, William Ruto, di State House, Nairobi, Republik Kenya, Senin (21/08/2023).

Tiba sekira pukul 10.00 waktu setempat (WS) atau 14.00 WIB, Presiden Jokowi disambut oleh Presiden William Ruto di halaman depan State House. Kedua pemimpin negara tersebut kemudian berjalan bersama menuju panggung kehormatan.

Setelah kedua pemimpin berada di panggung kehormatan, lagu kebangsaan masing-masing negara diperdengarkan yang diiringi oleh dentuman tembakan kehormatan. Kemudian, Presiden Jokowi berjalan memeriksa barisan kehormatan dan diikuti dengan pengenalan delegasi masing-masing negara.

Setelahnya, Presiden Jokowi dan Presiden William Ruto berjalan menuju Presidential Court untuk melaksanakan pertemuan tatap muka atau téte-a-téte dan diakhiri dengan melaksanakan foto bersama antar kedua pemimpin.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Presiden Kenya bergabung bersama delegasi masing-masing negara di Credential Hall untuk melaksanakan pertemuan bilateral. Di ruangan yang sama, usai pertemuan bilateral, kedua pemimpin negara menyaksikan proses penandatanganan dan pertukaran nota kesepahaman kerja sama kedua negara.

Dalam kesempatan tersebut, kedua pemimpin negara juga memberikan pernyataan pers bersama yang digelar di Presidential Lawn didampingi oleh delegasi dari masing-masing negara.

Rangkaian penyambutan kenegaraan tersebut diakhiri dengan jamuan makan siang kenegaraan yang dilaksanakan di Banquet Hall, State House.

Turut mendampingi Presiden yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Duta Besar RI untuk Republik Kenya Mohamad Hery Saripudin. (BPMI SETPRES/UN)

Berita Terbaru