Presiden Jokowi Gelar Jamuan Santap Malam Bagi Delegasi KTT AIS Forum 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 10 Oktober 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 889 Kali

Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Wakil PM Tonga Samiu Kuita Vaipulu sebelum Gala Dinner KTT AIS Forum 2023 di BICC, Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa (10/10/2023). (Foto: Media Center KTT AIS Forum 2023/Jessica Wuysang/nym).

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggelar jamuan santap malam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023, Selasa (10/10/2023). Jamuan yang diikuti para pemimpin dan delegasi negara-negara pulau dan kepulauan serta organisasi internasional peserta KTT tersebut dihelat di di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Bali.

Presiden Jokowi yang menggunakan pakaian batik lengan panjang tiba di BICC, sekitar pukul 18.30 WITA. Presiden Jokowi kemudian menyambut kedatangan para tamu seraya berfoto bersama sebelum memasuki area jamuan.

Secara berurutan, Presiden Joko Widodo menyambut Deputi Perdana Menteri (PM) Tonga Samiu Kuita Vaipulu, Deputi PM Fiji Manoa Seru Nakausabaria Kamikamica, PM Sao Tome dan Principe Patrice Emery Trovoada, Presiden Mikronesia Wesley W. Simina, PM Tuvalu Kausea Natano, PM Timor-Leste Xanana Gusmao, dan PM Niue Emani Makamau Tagelagi.

“Selamat datang di Bali, selamat datang di Indonesia pada jamuan santap malam KTT pertama AIS Forum,” ucap Presiden dalam sambutannya sebelum jamuan santap malam dimulai.

Presiden Jokowi pun mengapresiasi AIS Forum yang dinilainya dapat meningkatkan kerja sama antarnegara pulau dan negara kepulauan.

“Karena laut adalah kehidupan kita, laut menyatukan masyarakat kita, dan laut menyediakan banyak sumber daya yang harus kita kelola secara bertanggung jawab,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Presiden Jokowi mengajak para anggota AIS Forum untuk terus meningkatkan persahabatan antarnegara pulau dan kepulauan.

“Mari kita kembangkan persahabatan kita dan nikmati malam ini,” tandasnya.

Pada santap malam KTT AIS Forum 2023 ini, para undangan disuguhi beragam makanan dari sejumlah daerah di tanah air. Sebagai makanan pembuka, para delegasi menikmati sajian selada udang andaliman dan sup tomat serai Nusa Dua. Sementara untuk menu utama, para undangan disuguhi gulai udang karang, dan sebagai menu penutup disajikan es puding kelapa muda.

Selepas santap malam, para pemimpin negara dan delegasi serta tamu undangan kemudian disuguhi beragam penampilan dari sejumlah musisi Indonesia. Mereka yang tampil di antaranya adalah Yuni Shara yang membawakan lagu “Serasa”, Novia Bachmid, Mirabeth, dan Olivia Pardede yang membawakan lagu medley Nusantara, dan Indahkus yang membawakan lagu “La Isla Bonita”.

Selain itu tampil juga Wizzy & Teza Sumendra yang membawakan lagu “Best of My Life/Lil Bo Thang”, Gery Gerald Glen & Joey Penny yang membawakan lagu “Kokomo”, hingga Wika Salim yang membawakan lagu “Sayang” dan “Rungkad”. (FID/UN) 

Berita Terbaru