Presiden Jokowi Hadiri Festival Dahau di Kutai Barat

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 3 November 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 1.411 Kali

Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja ke Kutai Barat, Kaltim, Jumat (03/11/2023). (Foto: BPMI Setpres)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Festival Dangai Ehau (Dahau) di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, Jumat (03/11/2023) pagi. Festival budaya ini digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-24 Kabupaten Kutai Barat.

“Saya betul-betul sangat gembira bisa hadir di bumi Tanaa Purai Ngeriman dan di Festival Dahau yang ini merupakan festival yang selalu dinanti-nantikan oleh masyarakat di Kutai Barat, yang dilaksanakan sekaligus untuk memperingati hari ulang tahun Kabupaten Kutai Barat yang ke-24. Selamat ulang tahun yang ke-24 Pak Bupati dan seluruh warga di Kutai Barat,” ucap Presiden.

Lebih lanjut, Presiden pun mengapresiasi penyelenggaraan festival yang dinilainya sebagai bagian dari upaya untuk melestarikan dan memajukan kebudayaan daerah.

“Menjadi kewajiban kita untuk melestarikan, memajukan kebudayaan daerah, menggerakkan industri kreatif di daerah. Dan melalui festival-festival budaya seperti ini, kita bisa saling belajar tentang kekayaan tradisi dan nilai-nilai budaya, toleransi, kerukunan, keharmonisan yang sudah diwariskan oleh para leluhur kita terdahulu,” ujarnya.

Presiden juga mengapresiasi semangat Bhinneka Tunggal Ika yang ditunjukkan dalam kehidupan masyarakat di Kutai Barat yang tetap rukun dan kompak di tengah keragaman yang ada.

“Di Kutai Barat ada Suku Dayak Bahau, betul? Ada Suku Dayak Aoheng, betul? Ada suku Dayak Tunjung, betul? Ada Suku Dayak Kenyah, betul? Ada Suku Dayak Benuaq dan Suku Melayu, yang memiliki tradisi berbeda-beda, tetapi tetap hidup rukun berdampingan, saling menghormati dan penuh kegembiraan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Presiden juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan masyarakat Kutai Barat terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kutai Barat, utamanya Suku Dayak yang tadi sudah memberikan gelar kepada saya dan juga atas dukungan yang diberikan terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara, kota masa depan kita semuanya,” tandasnya.

Hadir mendampingi Presiden dalam acara ini, antara lain, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, dan Bupati Kutai Barat Fransiskus Xaverius Yapan. (TGH/UN)

Berita Terbaru