Presiden Jokowi Hadiri KTT G-20, Ibu Iriana Kunjungi Penangkaran Koala

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 15 November 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 47.755 Kali
Presiden Jokowi bersama pemimpin dunia saat pembukaan KTT G-20, di Brisbane, Australia, Sabtu (15/11)

Presiden Jokowi bersama pemimpin dunia saat pembukaan KTT G-20, di Brisbane, Australia, Sabtu (15/11)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Sabtu (15/11) sore waktu setempat menghadiri pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara yang tergabung dalam Group 20 (G-20) di Brisbane Convention and Exhibition Center (BCEC), Brisbane, Australia.

Presiden Jokowi duduk di deretan depan bersama Perdana Menteri (PM) Australia Tony Abbot dan PM Inggris David Cameron. Sementara di sisi lain  Presiden Amerika Serikat Barack Obama duduk berdampingan dengan Presiden RRT Xi Jinping, dan Presiden Rusia Vladimir Putin yang duduk berdampingan dengan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma.

Upacara pembukaan KTT G-20 yang diikuti oleh 19 negara itu ditandai dengan pagelaran tari oleh kelompok kesenian suku Aborigin.

Adapun PM Australia Tony Abbot dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari kegiatan KTT G-20 tahun ini adalah untuk menciptakan peluang ekonomi dan peluang kerja yang terus bertambah.

“Bertambahnya peluang kerja dan ekonomi yang terus membaik. Itulah yang dunia inginkan,” kata Abbott.

KTT  G20 yang digelar 15-16 November ini merupakan kali pertama Presiden Joko Widodo hadir untuk mewakili Indonesia. Selain anggota tetap G20, pada pertemuan puncak kali ini Australia juga mengundang ketua Uni Afrika Mauritania, Ketua ASEAN Myanmar dan Selandia Baru serta Senegal, Singapura dan Spanyol.

Adapun anggota G20 adalah Argentina, Australia, Brazil, Kanada, Tiongkok, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Russia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Ibu Negara Kunjungi Penangkaran Koala

KoalaSementara itu Ibu Negara Iriana Widodo pada Sabtu (15/11) ini mengikuti kegiatan istri para pemimpin dunia yang suaminya menghadiri pembukaan KTT G-20 dengan mengunjungi pusat penangkaran koala di Brisbane, Australia.

Acara yang dipimpin oleh Margie Abbott, istri dari PM Australia Tony Abbott itu, diikuti para ibu Negara lainnya, yaitu dari Kanada, Tiongkok, Uni Eropa, Italia, Selandia Baru, Singapura, Afrika Selatan dan Turki dan dari PBB.

Dalam rilis panitia G20 disebutkan, para ibu Negara berada di pusat koala selama dua jam. Tak hanya bercengkerama, mereka juga sempat memberi makan kangguru.

Pusat penangkaran koala  itu berada di kawasan yang memiliki luas 4,6 hektar di kawasan suburban Fig Tree Pocket dan didirikan sejak tahun 1927 oleh Claude Reid. (*/ANT/ES)

Berita Terbaru