Presiden Jokowi Hadiri Upacara Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 20 Maret 2015
Kategori: Nusantara
Dibaca: 43.858 Kali

Tawur NyepiPresiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Widodo akan menghadiri upacara Tawur Agung Kesanga, di pelataran Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Jumat (20/3). Kehadiran Presiden Jokowi ini merupakan yang pertama kali dalam upacara Tawur Agung, yakni sehari sebelum Hari Raya Nyepi 1937.

Tawur Agung merupakan Upacara Bhuta Yadnya yang disebut meracu, dengan tujuan mengamalkan Tri Hita Karana, atau hubungan harmonis antara manusia dan alam  dan manusia dengan sesama.

Bhuta Yadnya adalah mengembalikan dan melestarikan tumbuh-tumbuhan  untuk menumbuhkan keseimbangan antara mengambil dan mengembalikan. Setiap hari manusia mengambil sumber-sunber alam, dan diharapkan mengembalikannya demi kelestarian alam.

Candi Prambanan yang dibangun abad ke-8 Masehi, sejak beberapa tahun lalu telah ditetapkan umat Hindu sebagai ikon Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka.

Kehadiran Presiden Jokowi pada acara ini juga akan didampingi oleh para pejabat lembaga tinggi negara, sejumlah menteri, Panglima TNI,  Wakapolri, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, pimpinan majelis agama  sesepuh, penasehat Umat Hindu, perwakilan Parisada Hindu Dharma seluruh Indonesia.

Acara keagamaan ini juga akan dimeriahkan dengan pentas drama tari “Pemutering Mandara Giri”. (WID/Humas Setkab/ES)

Nusantara Terbaru