Presiden Jokowi Kunjungi Lokasi Bencana Gunung Sinabung

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 29 Oktober 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 23.119 Kali

BerkunjungPresiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana, Rabu (29/10) pagi ini, dengan menggunakan pesawat kepresidenan Boeing Business Jett 2 bertolak menuju Medan, Sumatera Utara untuk meninjau lokasi bencana alam Gunung Sinabung, Tanah Karo.

Dalam kunjungan ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayjen Andika Perkasa.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengemukakan, sejauh ini aktivitas Gunung Sinabung masih tinggi. Terjadi guguran 98 kali dan 2 kali awan panas guguran dari puncak dengan jarak luncur terjauh 3.500 m ke arah selatan. Tinggi kolom abu awan panas 2.000 m. Tampak ada guguran lava dari dekat puncak (sisi barat) sejauh 700-1.000 m, dan statusnya tatus tetap Siaga (level 3).

“Kita tidak tahu sampai kapan erupsi Gunung Sinabung akan berakhir. Badan Geologi pun juga tidak bisa memprediksikan kapan Sinabung akan berhenti hingga kembali normal,” kata Sutopo di Jakarta, Senin (27/10).

Dalam catatan BNPB, menurut Sutopo, hingga saat ini masih terdapat 3. .284 jiwa atau 1.018 KK pengungsi yang tesebar 12 titik pengungsian, atau lebih sedikit dari sebelumnya di 16 titik.

Kunjungan kerja ke daerah ini merupakan kunjungan pertama ke daerah Presiden Joko Widodo sejak dilantik pada 20 Oktober 2014 lalu.

Adapun kunjungan ke satu tempat di Jakarta, telah dilakukan oleh Presiden Jokowi ke tempat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), di kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta, Selasa (28/10) siang.

Direncanakan pada Rabu (29/1) malam nanti, Presiden Jokowi dan rombongan telah tiba kembali di Jakarta. (*/ES)

Berita Terbaru