Presiden Jokowi Lakukan Pembicaraan Bilateral Dengan PM Jepang Shinzo Abe

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 23 Maret 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 24.366 Kali
Presiden Jokowi dan PM Shinzo Abe melakukan pembicaraan bilateral, di kantor PM Jepang, Senin (23/3) sore

Presiden Jokowi dan PM Shinzo Abe melakukan pembicaraan bilateral, di kantor PM Jepang, Senin (23/3) sore

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan hari keduanya di Jepang, Senin (23/3), melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe, di kantor PM Jepang (Kantei), Tokyo.

Presiden Jokowi tiba di Grand Hall Kantei sekitar pukul 17.55 waktu setempat, dan disambut dengan upacara penyambutan resmi yang dilanjutkan dengan pertemuan bilateral di lantai 4, di gedung pertemuan kantor PM Jepang.

PM Jepang Shinzo Abe mengucapkan terima kasih atas kunjungan Presiden Jokowi ke negaranya. “Pertemuan kali ini adalah pertemuan kedua, yang diharapkan memberikan kontribusi kepada kerjasama kedua negara,” katanya.

Sementara Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih kepada PM Abe atas pertemuan yang sebelumnya pernah dilakukannya saat berada di Beijing, RRT, tahun lalu.

Selanjutnya, kedua kepala pemerintahan menyaksikan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan dilakukan pernyataan pers bersama di Small Conference Room lantai 3.

Pada Senin (23/3) malam ini, PM Shinzo Abe mengundang Presiden Jokowi dan rombongan untuk melakukan jamuan santap malam resmi di Dining Hall, kediaman PM Jepang.

Pada Selasa (24/3) besok, Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan pembicaraan informal dengan para pengusaha Jepag yang tergabung dalam Japan External Trade Organization (JETRO). Selanjutnya, ada pula agenda forum bisnis dan makan siang dengan Chairman Keidanren dan Chairman Kadin Jepang.

One on one meeting” juga dijadwalkan bersama Suzuki, J-Power, IHI Corporation, JX NEO, dan JBIC, serta pertemuan dengan masyarakat.

Presiden Jokowi dan rombongan pada Rabu (25/3) dijadwalkan menghadiri acara program di kantor perusahaan Toyota di Nagoya dengan menggunakan kereta supercepat Shinkansen Nozomi 311.

Pada sore harinya, Presiden dan rombongan bertolak menuju Beijing untuk kunjungan ke Tiongkok pada 25-27 Maret 2015.

Mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Jepang ini antara lain  Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menlu Retno Marsudi, Mendag Rachmat Gobel, Menteri BUMN Rini Soemarno, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko,dan Kepala BKPM Franky Sibarani. (Humas Setkab/ES)

 

Berita Terbaru