Presiden Jokowi Lantik Chozin Chumaidy Jadi Dubes RI di Lebanon

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 18 Desember 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 24.602 Kali
Politisi PPP Chozin Chumaidy diambil sumpah oleh Presiden Jokowi sebagai Dubes RI di Lebanon, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/12)

Politisi PPP Chozin Chumaidy diambil sumpah oleh Presiden Jokowi sebagai Dubes RI di Lebanon, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/12)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/12) siang, melantik dan mengambil sumpah Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) RI Lebanon yang berkedudukan di Beirut, Ahmad Chozin Chumaidy.

Pelantikan diawali dengan pembacaan surat Keputusan Presiden (Keppres) No 124 Tahun 2014 tentang pengangkatan Chozin Chumaidy sebagai Duta Besar LBBP RI Lebanon yang berkedudukan di Beirut, dan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah oleh Presiden Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh langsung atau tidak langsung dengan nama atau dalih apapun tidak akan memberi kepada siapapun juga.

Bahwa saya akan melakukan dan tidak melakukan sesuatu, tidak sekali-sekali menerima dari siapapun langsung atau tidak langsung suatu pemberian.

Bahwa saya akan melakukan dengan setia segala perintah dan petunjuk yang diberikan pemerintah pusat dan saya akan memenuhi segala kewajiban lain-lain oleh jabatan duta besar luar biasa dan berkuasa penuh,” bunyi sumpah yang diajukan oleh Chozin Chumaidy itu.

Chozin Chumaidy adalah tokoh senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia pernah menjadi Ketua DPP PPP, Ketua Mahkamah DPP PPP, dan pernah menjadi anggota DPR-RI dari Fraksi PPP.

Mantan Dekan Fakultas Pertanian IPB, Wakil Rektor Bidang Akademik IPB (2003-2007), dan Ketua Bina Antar Budaya-AFS (American Field Services) cabang Bogor sejak 2003 ini, sebelumnya telah mengikuti fit and proper test sebagai calon Dubes RI di Lebanon di DPR-RI pada bulan Juni lalu, bersama-sama dengan DR Aulia Aman Rahman, SH,MSi untuk Republik Ceko, pengusaha Peter Frans Gontha, untuk Republik Polandia, dan Letjen (Purn) Hotmangaradha Pandjaitan untuk Republik Perancis, yang kesemuanya telah dilantik pada akhir masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Tampak hadir dalam pelantikan Dubes RI untuk Lebanon itu antara lain Wakil Ketua MPR Hidayat Nurwahid, Menlu Retno Marsudi, dan Mendagri Tjahjo Kumolo. (Humas Setkab/ES)

 

Berita Terbaru