Presiden Jokowi Lantik Kepala BNN dan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 23 Desember 2020
Kategori: Berita
Dibaca: 212 Kali

Pengucapan sumpah jabatan Kepala BNN dan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2020). (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin melantik Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove, Rabu (23/12/2020), di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan dilakukan Presiden usai melantik para menteri negara dan wakil menteri negara Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode tahun 2019 – 2024.

Pelantikan Irjen Pol Petrus R. Golose sebagai Kepala BNN dituangkan dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 203/TPA Tahun 2020 tanggal 23 Desember 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Narkotika Nasional.

Keppres yang dibacakan oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama ini berlaku sejak saat ditetapkan. “Kepadanya diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya setingkat menteri sesuai peraturan perundang-undangan,” bunyi Keppres tersebut.

Sementara, pelantikan Hartono sebagai Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 78/M Tahun 2020 tanggal 23 Desember 2020 tentang Pengangkatan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove.

“Kepadanya diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” bunyi Keppres yang mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan tersebut.

Usai pembacaan Keppres, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah bagi kedua pejabat tersebut.

“Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela,” demikian Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Usai pelantikan Presiden didampingi Wapres Ma’ruf Amin memberikan ucapan selamat kepada Kepala BNN dan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove. (FID/UN)

Berita Terbaru