Presiden Jokowi Minta Bupati/Walikota Perhatikan Soal Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi di Daerah

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 22 Januari 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 139.901 Kali
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers seusai bertemu Bupati/Walikota se Sumatera, di Istana Bogor, Jabar, Kamis (22/1)

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers seusai bertemu Bupati/Walikota se Sumatera, di Istana Bogor, Jabar, Kamis (22/1)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para Bupati/Walikota di seluruh daerah untuk memperhatikan masalah-masalah yang terkait dengan pertumbuhan ekonomi dan inflasi, serta penyerapan anggaran, yang berperan penting dalam menopang karena pertumbuhan ekonomi secara nasional.

“Itu poin penting sekali karena daerah apapun namanya pertumbuhan nasional itu ditopang dan berangkat itu dari ekonomi daerah. Jadi pertumbuhan ekonomi daerah dan juga tadi saya tekankan betapa sangat pentingnya inflasi. Pertumbuhan ekonomi misalnya dapat mencapai 5,8% atau 6% tapi inflasinya sampai 8% menjadi tidak ada artinya,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers seusai melakukan pertemuan dengan Bupati/Walikota dari seluruh Pulau Sumatera, di Istana Bogor, Jabar, Kamis (22/1) siang.

Karena itu, dalam pertemuan dengan para Bupati/Walikota se Sumatera itu, Presiden Jokowi mengaku memberi trik-trik praktis untuk menekan inflasi daerah, lewat tim pengendalian inflasi daerah.

“Apa yang harus dilakukan, apa yang harus dikerjakan, siapa yang didatangi, dan dengan cara apa inflasi bisa ditekan. Secara singkat juga saya sampaikan,” terang Jokowi.

Presiden Jokowi menyampaikan, target pertumbuhan ekonomi 5,8% itu optimismenya sama dengan pesimismenya. Namun demikian, Presiden menilai, angka itu masih realistis.

“Negara yang lain mungkin mengurangi, kita kan menambah sekarang kan 5,1%, kalau nanti bisa 5,6% atau 5,8% itu saya kira prestasi karena negara lain semua mengurangi,” kata Jokowi seraya menunjuk contoh RRT dan India yang semuanya mengurangi target pertumbuhan ekonominya.

Saat menyampaikan keterangan pers itu, Presiden Jokowi antara lain didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Sekretaris Kabinet Andi Wijayanto, dan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo. (Humas Setkab/ES)

 

 

Berita Terbaru