Presiden Jokowi Minta Pembangunan Waduk Jatigede Segera Dirampungkan

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 18 Juni 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 23.097 Kali
Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas membahas Waduk Jatigede, di kantor Presiden, Jakarta, Kamis (18/6) pagi

Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas membahas Waduk Jatigede, di kantor Presiden, Jakarta, Kamis (18/6) pagi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas kabinet membahas masalah pembangunan Waduk Jatigede, di Sumedang, Jawa Barat, yang sejak jaman Bung Karno sampai sekarang belum bisa selesai, belum bisa rampung karena masalah pembebaan lahan yang tidak segera diputuskan.

“Waduk akan punya dampak yang banyak sekali terhadap wilayah di sekitar waduk itu. Oleh sebab itu, pada pagi hari ini agar segera diputuskan mengenai pembebasan lahannya dan tentu saja penanganan dampak sosialnya,” kata Presiden Jokowi saat memberikan pengantar pada rapat terbatas itu.

Presiden minta agar semua itu, dampak pembangunan, penyelesaian pembebasan lahan, dan penanganan dampak sosial pembangunan Waduk Jatigede dikalkulasikan.

Pembangunan Waduk Jatigede itu diproyeksikan untuk mengairi puluhan ribu hektar lahan persawahan. Bukan hanya Sumedang, di mana waduk itu berada, tetapi juga daerah lainnya, seperti Majalengka, Cirebon, dan Indramayu.

Diharapkan akhir tahun 2015, proyek waduk Jatigede sudah rampung dan bisa digenangi, sehingga di awal tahun 2016, air limpahan waduk sudah bisa dimanfaatkan.

Tampak hadir dalam rapat terbatas itu antara lain Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet (Seskab) Andi Widjajanto, Kepala Staf Presiden Luhut B. Pandjaitan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. (Humas Setkab/ES)

 

Berita Terbaru