Presiden Jokowi: Pemanfaatan Blok Masela Bagi Pengembangan Indonesia Timur

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 29 Februari 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 21.402 Kali
Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti acara di Kementerian ESDM, Jakarta (29/2). (Foto:Humas/Jay)

Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti acara di Kementerian ESDM, Jakarta (29/2). (Foto:Humas/Jay)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa keputusan terkait investasi Blok Masela baru akan diputuskan pada tahun 2018. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat menjawab pertanyaan wartawan usai menyaksikan Penandatanganan Kontrak Kegiatan Strategis 2016 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), di Plaza Gedung Kementerian ESDM, Senin (29/2) pagi.

Saat ini, menurut Presiden Jokowi, pemerintah masih mengkaji investasi Blok Masela tersebut. “Kita memerlukan waktu untuk memberikan peluang pada investor apakah di darat atau di laut, offshore atau onshore. Segera dirampungkan,” ujar Presiden.

Yang paling penting, lanjut Presiden, pemanfaatan Blok Masela ini nantinya ke depan harus bermanfaat bagi pengembangan di regional Indonesia bagian timur.

“Jangan sampai hanya diambilin, rakyat yang berada di sekitar itu tidak mendapatkan manfaatnya. Itu desain yang saya minta dari Menteri ESDM maupun dari Menteri Bappenas, harus ada itu,” tegas Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengingatkan pentingnya oil fund atau petroleum fund untuk ketahanan energi di masa depan serta pembangunan di sekitar wilayah-wilayah yang diekspoitasi.

“Jangan sampai duit semuanya dipakai, dipakai, dipakai, sehingga kita enggak punya uang yang berhenti, yang itu bisa dimanfaatkan dalam jangka yang panjang untuk anak cucu kita,” kata Jokowi. (UN/EN)

Berita Terbaru