Presiden Jokowi: Penyelenggaraan PON XX Gambarkan Kemajuan Papua

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 2 Oktober 2021
Kategori: Berita
Dibaca: 17 Kali

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) untuk kali pertama di tanah Papua menggambarkan kemajuan Papua dan menunjukkan kesiapan infrastruktur serta kesiapan masyarakatnya dalam menyelenggarakan ajang olahraga bergengsi tingkat nasional.

“Perasaan saya dan perasaan Saudara-saudara pasti sama, kita bangga berada di tanah Papua. Dan, kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini,” ucap Presiden Joko Widodo saat Pembukaan PON XX Papua, Sabtu (02/10/2021) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.

Presiden menambahkan, Stadion Lukas Enembe yang sangat megah ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua. Pemerintah juga terus membangun infrastruktur, termasuk untuk meningkatkan konektivitas wilayah baik melalui darat, laut, maupun udara di tanah Papua. Selain itu, pemerintah juga terus membangun sumber daya manusia (SDM) Papua.

“Bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua, serta pengembangan SDM Papua merupakan capaian-capaian lain dari kemajuan Papua yang sangat membanggakan ini,” ujarnya.

Selain menggambarkan kemajuan Papua, ungkap Presiden, PON XX juga memiliki makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. PON ini merupakan panggung persatuan, kebersamaan, persaudaraan, kesetaraan, dan  keadilan untuk maju dan sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk itu, Presiden mengajak semua pihak untuk merayakan ajang olahraga nasional ini dengan penuh sukacita sekaligus  mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Marilah kita rayakan PON ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan, serta persatuan dan kesatuan bangsa. Mari kita tunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini,” ujar Presiden.

Pengembangan Talenta Papua
Pada kesempatan itu, Presiden juga mengungkapkan mengenai upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengembangkan talenta unggul di Papua.

“Selain terus meningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan formal, saya tadi pagi juga meresmikan dimulainya pembangunan Papua Youth Creative Hub untuk mencetak wirausaha-wirausaha yang sukses, yang bisa meningkatkan nilai tambah dari potensi-potensi yang ada di Papua,” ujarnya.

Presiden menekankan bahwa prestasi anak muda Papua harus terus dipupuk dan dikembangkan.

“Prestasi atlet Papua, seperti Lisa Rumbewas atlet angkat besi, Serafi Anelies Unani (atletik), Franklin Ramses Burumi (atletik), Boaz Solossa (sepak bola), harus diikuti oleh anak muda-anak muda Papua lainnya,” ujarnya.

Tak hanya di bidang olahraga, pengembangan talenta juga harus dilakukan di bidang lainnya seperti musik, seni, dan budaya.

“Kreativitas di bidang musik, seni, dan budaya yang sangat membanggakan yang tadi juga kita lihat di awal pembukaan tadi. Sangat-sangat membanggakan. Lagu Cuma Saya dari M.A.C dan Jang Ganggu dari Shine of Black pasti akan diikuti oleh karya-karya lain yang tidak kalah hebatnya oleh anak-anak muda Papua,” ujarnya.

Dengan dukungan talenta-talenta yang dimiliki Papua, Kepala Negara pun optimistis kemajuan provinsi di ujung timur Indonesia ini akan dapat tercapai.

“Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat,” tandasnya. (FID/UN)

Berita Terbaru