Presiden Jokowi: Perombakan Kabinet Jembatan Untuk Penuhi Janji Kepada Rakyat

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 13 Agustus 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 26.703 Kali
Presiden Jokowi melantik para menteri baru dan Seskab, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8)

Presiden Jokowi melantik para menteri baru dan Seskab, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, perombakan kabinet (reshfle) yang dilakukannya pada Rabu (12/8) kemarin, merupakan jembatan untuk memenuhi janjinya kepada rakyat.

“Perombakan kabinet adalah sebaik-baiknya jembatan untuk memenuhi janji saya pada rakyat. Ayo kerja!” kata Presiden Jokowi melalui akun twitternya @jokowi, yang diunggahnya Rabu (12/8) malam.

Sebelumnya melalui fan page facebooknya, Presiden Jokowi menyampaikan, bahwa perombakan kabinet yang ditunggu-tunggu masyarakat sudah ia putuskan.

Ada 6 (enam) posisi Menteri dan Pejabat setingkat Menteri yang ia ganti, diantaranya 4 (empat) nama baru dan 2 (dua) nama yang ditugaskan dalam posisi baru.

Nama-nama tersebut adalah:

1. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution
2. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli
3. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan
4. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Nasional Sofyan Djalil
5. Menteri Perdagangan Thomas T Lembong
6. Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo.

“Keputusan ini saya ambil sebagai respon atas keadaan ekonomi dalam negeri yang dipengaruhi oleh pelemahan ekonomi global,” papar Jokowi.

Presiden menegaskan, perlambatan perekonomian membutuhkan kecepatan dan kapasitas adaptasi dalam menangani permasalahan yang terjadi.

Ia juga menyebutkan, bahwa perombakan kabinet ini juga sebagai bagian langkah memperkuat sinergi dan koordinasi lintas Kementerian.

“Saya yakin keputusan yang saya ambil berdasarkan masukan masyarakat ini akan mempercepat program prioritas pembangunan untuk menyejahterakan rakyat,” ujar Presiden Jokowi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan pergantian dan pergeseran menteri  Kabinet Kerja dan pejabat setingkat menteri, dan langsung melantiknya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8) siang.

Para menteri dan pejabat setingkat yang diganti itu adalah Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

Selanjutnya para menteri dan pejabat setingkat menteri yang dilantik Presiden Jokowi adalah: 1. Menko Perekonomian: Darmin Nasution;2. Menko Polhukam: Luhut B. Pandjaitan; 3. Menko Kemaritiman Rizal Ramli; 4. Sekretaris Kabinet: Pramono Anung; 5. Menteri Perdagangan: Thomas Lembong; dan 6. Menteri PPN/Kepala Bappenas: Sofyan Djalil. (ES)

Berita Terbaru