Presiden Jokowi: Ponpes Buntet Pusat Kebajikan Masyarakat Untuk Tunjukkan ‘Rahmatan Lil Alamin’

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 13 April 2017
Kategori: Berita
Dibaca: 36.389 Kali
Presiden Jokowi saat peletakan batu pertama pembangunan Gelanggang Olah Raga (GOR) di kawasan Pondok Pesantren Buntet, Kamis (13/4). (Foto: Humas/Rahmat)

Presiden Jokowi saat peletakan batu pertama pembangunan Gelanggang Olah Raga (GOR) di kawasan Pondok Pesantren Buntet, Kamis (13/4). (Foto: Humas/Rahmat)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, dirinya sejak 3 (tiga) bulan lalu sudah mengetahui jika Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno akan memberikan bantuan ke Pondok Pesantren (Ponpes) Buntet, yang terletak di Desa Buntet, Kecamatan Astanaja Pura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

“Tiga bulan yang lalu Menteri BUMN bisik-bisik ke saya, Pak Presiden, BUMN akan memberikan bantuan ke Pondok Pesantren Buntet. Jawaban saya saat itu, silakan kalau itu untuk Buntet, Pesantren. Jawaban saya hanya itu,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada peletakan batu pertama pembangunan Gelanggang Olah Raga (GOR) di kawasan Pondok Pesantren Buntet, Kamis (13/4) siang.

Presiden mengaku kaget setelah Ketua Umum Yayasan Pendidikan Ponpes Buntet KH Adib Rofiuddin menyampaikan, ternyata bantuan yang diberikan luar biasa besarnya. “Itulah memang yang diperlukan dan harus disiapkan agar pesantren ini menjadi sebuah pesantren besar yang terus selalu menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutur Presiden.

Presiden melihat bahwa Pondok Pesantren Buntet ini bukan hanya sebagai pusat pendidikan tetapi sekaligus pusat kebajikan bagi masyarakat di sekitarnya untuk menunjukkan Islam agama yang rahmatan lil alamin.

“Agama yang menuntun kesalehan pribadi, agama untuk kesalehan sosial, agama yang cinta damai, agama yang tidak suka mengumpat, tidak suka mencela, agama yang selalu menghormati dan menghargai sesama,” pungkas Presiden Jokowi.

Ketua Umum Yayasan Pendidikan Ponpes Buntet KH Adib Rofiuddin menjelaskan, bantuan BUMN yang diberikan untuk pesantren yang diasuhnya meliputi:  Sekolah Tarbiyah dari Bulog, 4 gedung untuk perguruan tinggi dari BRI; Madrasah Ibtidaiyah Wathaniyah senilai Rp1,2 miliar dari Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri; bangunan MCK dari Bank Mandiri; bangunan keperawatan dari BRI; serta bantuan pembangunan GOR senilai Rp6,5 miliar dari Wijaya Karya (WIKA).

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menko PMK Puan Maharani, Seskab Pramono Anung, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Agama Lukman hakim Saifuddin, Mensos Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Jabar Deddy Mizwar. (RAH/ES)

Berita Terbaru