Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sadawarna Sumedang

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 27 Desember 2022
Kategori: Berita
Dibaca: 1.710 Kali
Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana meresmikan Bendungan Sadawarna, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Selasa (21/12/2022) (Foto: BPMI Setpres)

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana meresmikan Bendungan Sadawarna, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Selasa (21/12/2022) (Foto: BPMI Setpres)

Presiden RI Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana meresmikan Bendungan Sadawarna yang terletak Desa Sadawarna, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Selasa (27/12/2022) pagi. Bendungan Sadawarna merupakan bendungan ke-33 yang telah diresmikan Presiden Jokowi sejak 8 tahun terakhir.

“Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Bendungan Sadawarna di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat,” ucap Presiden saat meresmikan Bendungan Sadawarna.

Bendungan yang pembangunannya dimulai sejak 2018 ini, menghabiskan anggaran sebesar Rp2,65 triliun. Presiden berharap pembangunan Bendungan Sadawarna ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan produksi padi di Kabupaten Indramayu.

“Karena kita tahu Indramayu adalah penyumbang surplus nomor satu terbesar di Indonesia. Dan kita harapkan tidak turun, tetapi naik seperti tadi Pak Gubernur menyampaikan, dari 1,3 juta ton menjadi 1,8 juta untuk Kabupaten Indramayu,” ungkap Presiden.

Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kabupaten Sumedang dan seluruh masyarakat Sumedang yang telah merelakan airnya untuk mengairi sawah-sawah yang ada di wilayah Indramayu. Ia menjelaskan, bendungan ini memiliki luas genangan 680 hektare dan bisa mengairi kurang lebih 4.280 hektare sawah.

“Kita harapkan dengan banyaknya waduk-waduk yang telah dibangun di seluruh tanah air Indonesia, kita berharap produktivitas padi, utamanya dan komoditas hortikultura dan yang lain-lainnya bisa naik dan ketahanan pangan kita semakin baik, kemandirian pangan kita semakin baik. Itulah tujuan utama dari dibangunnya waduk, selain memang waduk juga ada yang di pakai untuk wisata, untuk pembangkit listrik, dan juga untuk penyediaan air baku,” pungkasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam peresmian bendungan ini, antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto, Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Kabupaten Sumedang Dony Ahmad Munir, Bupati Kabupaten Indramayu Nina Agustina, serta Wakil Bupati Kabupaten Subang Agus Maskur Rosyadi. (TGH/ST)

Berita Terbaru