Presiden Jokowi Resmikan Monumen Fatmawati Sukarno di Bengkulu

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 5 Februari 2020
Kategori: Berita
Dibaca: 113 Kali

Monumen Fatmawati Sukarno yang diresmikan oleh Presiden Jokowi, di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Rabu (5/2). (Foto: Humas/Agung).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Rabu (5/2) pagi, meresmikan Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Hj. Fatmawati Sukarno di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.
Sebelum meresmikan monumen, Presiden Jokowi yang tiba pukul 10.30 WIB, terlebih dahulu meninjau rumah Ibu Negara Pertama Republik Indonesia (RI) tersebut. Di dalam rumah yang menjadi museum terdapat sejumlah memorabilia, antara lain mesin jahit kuno yang dipakai untuk menjahit bendera Merah Putih yang dikibarkan pada 17 Agustus 1945.

Monumen istri dari Presiden Pertama RI, Soekarno, yang juga merupakan penjahit bendera pusaka merah putih ini, berdiri kokoh di Simpang Lima Ratu Samban, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Sebagai informasi, Monumen ini adalah karya seniman Nyoman Nuarta.

Untuk diketahui, Fatmawati menikah dengan Presiden Soekarno pada 1 Juni 1943 dan dianugerahi 5 orang anak, yaitu Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri,  Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.

Pada era Presiden Abdurrahman Wahid, Fatmawati dianugerahi gelar Pahlawan Nasional, melalui surat Keputusan Presiden RI No 118/TK/2000 tanggal 4 November 2000.

Sebagai tanda peresmian, Presiden Jokowi melakukan penekanan tombol sirene, pembukaan selubung monumen, dan penandatanganan prasasti, didampingi oleh Ketua DPR Puan Maharani, Menko Bidang PMK Muhadjir Effendy, Seskab Pramono Anung, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, dan Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan, serta Sukmawati Soekarnoputri.

Turut hadir pula Menteri Sosial Juliari P. Batubara, Guruh Soekarnoputra, Sukmawati Soekarnoputri, dan Puti Guntur. (UN/EN)

Berita Terbaru