Presiden Jokowi Resmikan RS Modular Pertamina Tanjung Duren

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 6 Agustus 2021
Kategori: Berita
Dibaca: 34 Kali

Presiden Joko Widodo pada Peninjauan RS Modular Pertamina Tanjung Duren, Jumat (06/08/2021) pagi. (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati meninjau sekaligus meresmikan Rumah Sakit (RS) Modular Pertamina di Tanjung Duren, Jakarta Barat, Jakarta, Jumat (06/08/2021) pagi.

“Saya sangat berterima kasih kepada Menteri BUMN, pada Pertamina yang telah menyiapkan Rumah Sakit Modular Pertamina ini dengan kapasitas 305 tempat tidur yang komplet dengan HCU [High Care Unit] dan juga ICU [Intensive Care Unit],” ujar Presiden usai peninjauan.

Ditambahkan Kepala Negara, RS Modular Pertamina ini juga menyediakan pelayanan bagi ibu dan anak.

“Lebih bagus lagi, ada juga ICU khusus untuk anak-anak dan bayi, dan ibu-ibu, sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak,” ujarnya.

Dalam keterangan persnya, Presiden mengungkapkan rasa syukur atas penurunan jumlah kasus COVID-19 yang terjadi di Jawa dan Bali. Penurunan tersebut juga berimbas pada penurunan tingkat keterisian tempat tidur atau BOR.

“Dan utamanya di Jakarta. Saya melihat selalu angka-angka BOR, saya lihat setiap hari, setiap malam. Kalau mungkin enam minggu atau delapan minggu yang lalu di Wisma Atlet BOR-nya di sekitar 90-an persen, pagi hari ini, tadi saya mendapatkan informasi angkanya sudah berada pada posisi 25 persen BOR-nya,” ungkapnya.

Namun, Presiden menekankan semua pihak untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap kemungkinan penularan COVID-19. Terkait hal tersebut, Presiden mengapresiasi Kementerian BUMN dan Pertamina yang telah menyiapkan RS yang khusus untuk penanganan pasien COVID-19 ini.

“Saya sangat mengapresiasi sekali lagi, semoga ini bisa bermanfaat bagi rakyat, bagi masyarakat,” pungkasnya. (TGH/UN)

Berita Terbaru