Presiden Jokowi Resmikan ‘Runway’ 3, ‘East Connection Taxiway’, dan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 23 Januari 2020
Kategori: Berita
Dibaca: 134 Kali

Presiden Jokowi bersama sejumlah Menteri saat melakukan peresmian runway 3 terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Provinsi Banten, Kamis (23/1). (Foto: Humas/Jay)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peresmian Runway 3, East Connection Taxiway, dan Terminal 3 Bandar Udara (bandara) Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (23/1).

”Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim dan memohon rida dan rahmat Allah SWT, pada sore hari ini saya resmikan Runway ke-3, East Cross Connection Taxiway, Terminal 3 dan gedung VIP Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta,” ujar Presiden saat meresmikan runway 3.

Saat diwawancara usai melakukan peresmian, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa setelah Terminal 3 selesai, kemudian runway ke-3 juga selesai, lalu east connection taxiway selesai, serta ditambah fasilitas VIP bandara juga selesai, dirinya berharap semua pelayanan menjadi lebih baik.

Kemudian pengaturan manajemen untuk datang dan pergi, take off dan landing-nya juga akan kapasitas tentunya akan semakin banyak. Ini yang kita harapkan,” ujar Presiden Jokowi. Perlu diketahui, menurut Presiden, pembangunan yang west connection taxiway itu dibangun tahun 1985, dan setelah itu sampai bagian timur baru dibangun sekarang.

Presiden menjawab pertanyaan wartawan usai peresmian runway 3, east connection way dan terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (23/1). (Foto: Humas/Jay)

“Berarti sudah berapa tahun ini, 35 tahun, baru dibangun. Harusnya kalau west-nya dibangun, east-nya juga dibangun. Sehingga tidak muter, semuanya menunggu pesawat muter. Moga-moga dengan ini kita akan melihat kapasitas Bandara ini akan lebih meningkat lagi,” ujar Presiden.

Setahun lalu, Presiden mengaku telah memerintahkan untuk membangun terminal keempat dan tadi sudah ditanyakan lagi. ”Karena sudah kelihatan traffic semakin banyak, penumpang semakin banyak. Jangan kita menunggu sampai penuh lagi. Sebelum penuh itu harus disiapkan dulu, sehingga masyarakat, rakyat, terlayani oleh Bandara Soekarno-Hatta ini,” ujar Presiden ke -7 Republik Indonesia.

Menurut Presiden, Dirut Angkasa Pura II telah menyampaikan bahwa desain akan segera diselesaikan secepatnya, sehingga bisa segera dimulai pembangunannya. ”Dan diharapkan 2022 akhir atau paling lambat awal 2023, sudah kita punya terminal yang keempat,” tambah Presiden Jokowi.

Melihat pembangunan tersebut, menurut Presiden, dapat dianalisis pertumbuhan penumpang per tahun itu berapa persen. ”Oleh sebab itu, segera dibangun atau tidak juga bisa dilihat dari growth penumpang yang ada di sini,” ujar Presiden akhiri wawancara.

Turut hadir dalam agenda tersebut di antaranya Seskab Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agraria Sofyan Djalil. (FID/EN)

Berita Terbaru