Presiden Jokowi Sambut PM Anthony Albanese di Istana Bogor

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 6 Juni 2022
Kategori: Berita
Dibaca: 856 Kali

Presiden Jokowi berbincang dengan PM Anthony Albanese di Resto Raasaa, Kebun Raya Bogor, Senin (06/06/2022) pagi. (Sumber: Tangkapan Layar)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (06/06/2022) pagi.

Mobil yang membawa PM Anthony Albanese tiba di halaman Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 10.05 WIB. Ketibaan diiringi dengan pasukan berkuda, pasukan berbusana tradisional, dan marching band Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Setiba di halaman depan Istana Kepresidenan Bogor, PM Australia langsung oleh Presiden Joko Widodo. Prosesi kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Australia Advance Australia Fair dan lagu kebangsaan Indonesia Indonesia Raya diiringi dentuman meriam sebanyak 19 kali, dan inspeksi jajar kehormatan.

Selanjutnya, pemimpin kedua negara memperkenalkan delegasi masing-masing negara. Dari Indonesia tampak hadir antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Duta Besar (Dubes) RI untuk Australia dan Vanuatu Siswo Pramono, dan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani.

Sementara, delegasi yang hadir dari Australia di antaranya Menteri Luar Negeri Penny Wong, Menteri Perdagangan dan Pariwisata Don Farrell, Menteri Perindustrian dan Ilmu Pengetahuan Ed Husic, Anggota Solomon Luke Gosling OAM, serta Dubes Australia untuk Indonesia Penny Williams.

Setelah itu, Presiden Joko Widodo dan PM Anthony Albanese  menuju Ruang Teratai untuk melakukan sesi foto bersama dan  penandatanganan buku tamu. Usai berbincang sejenak di veranda Istana Kepresidenan Bogor, kedua pemimpin melakukan penanaman pohon bersama di halaman belakang Istana. Adapun pohon yang ditanam adalah Pohon Kamper.

Kedua pemimpin negara kemudian bersepeda bersama menuju Resto Raasaa yang berlokasi di kawasan Kebun Raya Bogor. Sepeda yang dipergunakan kedua pemimpin terbuat dari material bambu.

Rangkaian acara berikutnya adalah pertemuan tête-à-tête yang dilakukan di Resto Raasaa. Tampak kedua pemimpin negara berbincang cukup lama saat pertemuan tatap muka ini.

Rangkaian kunjungan resmi kemudian dilanjutkan dengan pertemuan bilateral dan pernyataan pers bersama.

Indonesia merupakan negara pertama yang dikunjungi oleh  Anthony Albanese sejak menjabat sebagai PM Australia. (FID/UN)

Berita Terbaru