Presiden Jokowi: Semua Terkait KTT Ke-43 ASEAN Sudah Disiapkan

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 8 Agustus 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 1.404 Kali

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers usai acara peringatan HUT ke-56 ASEAN, di Jakarta, Selasa (08/08/2023). (Foto: Humas Setkab/Jay)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa Indonesia siap untuk melaksanakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN. KTT tersebut akan digelar di Jakarta pada tanggal 5 hingga 7 September mendatang.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi usai menghadiri Peringatan HUT ke-56 ASEAN, di Nusantara Hall, Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Selasa (08/08/2023).

“Semuanya sudah direncanakan, semuanya sudah disiapkan, dan kita harapkan nanti pada saat KTT ASEAN semuanya sudah seratus persen siap di bulan September,” ujar Presiden.

Terkait konfirmasi kehadiran para pemimpin negara non-ASEAN termasuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden menyampaikan bahwa semuanya masih dalam proses.

“Semuanya masih proses, konfirmasinya masih proses,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam sambutannya pada Peringatan HUT ke-56 ASEAN Presiden Jokowi menekankan pentingnya soliditas ASEAN dan stabilitas kawasan guna menghadapi tantangan global dan mewujudkan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan. Secara khusus, Presiden menekankan pentingnya implementasi Five Point Consensus dalam penyelesaian konflik di Myanmar.

“Kita berharap persoalan di Myanmar itu segera selesai karena menyangkut kemanusiaan, menyangkut rakyat Myanmar, dan pada kenyataannya memang tidak gampang, sangat kompleks, konfliknya sudah bukan konflik satu dengan dua, tapi dengan tiga, dengan empat, dengan lima, sehingga memerlukan waktu. Dan itu bisa terjadi kalau semua stakeholders yang ada di Myanmar itu mau, memiliki kemauan yang sama untuk menyelesaikan masalah itu. Kalau ndak, memang sangat sulit,” tandasnya. (TGH/UN)

Berita Terbaru