Presiden Jokowi Tegaskan Visi Pusat, Gubernur, Sampai Walikota/Bupati Harus Sama

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 20 Februari 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 49.463 Kali
Presiden Jokowi memberikan sambutan pada pertemuan dengan Walikota se Indonesia, di Istana Bogor, Jabar, Jumat (20/2)

Presiden Jokowi memberikan sambutan pada pertemuan dengan Walikota se Indonesia, di Istana Bogor, Jabar, Jumat (20/2)

Hanya beberapa saat setelah melantik pimpinan sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/2) pagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung meluncur ke Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat, untuk bertemu dengan sekitar seratusan walikota dari seluruh tanah air.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan pertemuannya itu dimaksudkan untuk menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan proses kegiatan-kegiatan menuju lima tahun ke depan.

“Ini harus sama visinya dari pusat, gubernur, sampai ke walikota dan bupati, sampai ke bawahnya lagi,” tegas Presiden Jokowi.

Oleh sebab itu, lanjut Kepala Negara, pertemuan seperti ini akan terus dilakukannya. “Mungkin bisa 3 bulan sekali, 4 bulan sekali biar masalah-masalah yang ada di bawah bisa kita ketahui bersama dan design policy-nya sambung dari pusat sampai ke daerah,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengingatkan target pertumbuhan ekonomi yang ingin dicapai. Ia menyebutkan, tahun lalu pertumbuhan ekonomi kita 5,1%, dan tahun ini hampir semua negara menurunkan pertumbuhan ekonominya baik yang besar maupun negara kanan kiri kita.

Presiden menunjuk Malaysia kemarin 5,8%, tahun ini hanya berani menargetkan 5,1. China juga menurunkan semuanya, Singapura juga, semuanya menurunkan.

“Nah, Indonesia, kita menaikkannya menjadi 5,7% dari sini, menuju ke target kita tiga tahun ke depan menjadi 7%,” papar Jokowi.

Presiden menegaskan, pertemuannya dengan Walikota itu  adalah untuk membahas agenda prioritas pemerintahan dan pembangunan yang mencakup kedaulatan pangan, infrastruktur, potensi kelautan, sumberdaya alam, energi, serta kendala dalam perizinan, pelayanan, tumpang tindih peraturan perundang-undangan dan ego sektoral.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro. (Humas Setkab/ES)

 

Berita Terbaru