Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Peran Parlemen dalam Agenda ASEAN 2045

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 10 Mei 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 8.526 Kali

Presiden Jokowi memimpin pertemuan pemimpin ASEAN dan AIPA, di Labuan Bajo, Rabu (10/05/2023). (Sumber: Tangkapan Layar)n

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membuka sesi Pertemuan para Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Majelis Antar-Parlemen ASEAN (AIPA), Rabu (10/05/2023) pagi. Pertemuan yang digelar di Hotel Meruorah Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan rangkaian dari pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN Tahun 2023.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menekankan pentingnya peran parlemen dalam penyusunan agenda ASEAN tahun 2045.

“Dalam jangka panjang, peran parlemen juga sangat dibutuhkan untuk menyusun agenda ASEAN tahun 2045,” ujarnya.

Para pemimpin ASEAN-AIPA, menurut Presiden, harus dapat memastikan ASEAN lebih tanggap dan tangguh dalam menghadapi tantangan yang ada sehingga menjadi pusat pertumbuhan dan menjadi kawasan yang aman, stabil, dan demokratis.

“Kita harus memastikan ASEAN mampu lebih tanggap dan resilient menghadapi tantangan, sehingga menjadi pusat pertumbuhan dan menjadi kawasan yang aman, stabil, dan demokratis,” ujarnya.

Kepala Negara juga menekankan pentingnya penguatan kolaborasi antara pemerintah dan parlemen demi terwujudnya ASEAN sebagai pusat pertumbuhan.

“Kolaborasi pemerintah dan parlemen harus diperkuat untuk menjaga dan memperkokoh stabilitas politik dan demokrasi, guna menjamin ASEAN menjadi epicentrum of growth,”  tandasnya.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga mengapresiasi dukungan parlemen ASEAN dalam masa penanganan pandemi COVID-19.

“Terima kasih atas dukungan parlemen di ASEAN, sehingga kebijakan di masa darurat pandemi dapat dilakukan dengan cepat dan ASEAN dapat melewati masa kritis,” ujarnya. (TGH/UN)

Berita Terbaru