Presiden Jokowi Terima Kunci Masuk Kota Manila

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 9 Februari 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 46.920 Kali
Presiden Jokowi didampingi Walikota Joseph Ejercito Estrada mengikuti upacara peletakan karangan bunga di Rizal Park Monumen, Manila, Senin (9/2)

Presiden Jokowi didampingi Walikota Joseph Ejercito Estrada mengikuti upacara peletakan karangan bunga di Rizal Park Monumen, Manila, Senin (9/2)

Pada hari kedua kunjungannya ke Filipina, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana, pada Senin (9/2) pagi, mengunjungi Taman Makam Pahlawan Rizal Park Monument, di kota Manila.

Kedatangan Presiden Jokowi disambut langsung oleh Walikota Manila Joseph Ejercito Estrada. Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana melaksanakan upacara peletakan karangan bunga, diiringi tabuhan genderang dan tiga tembakan salvo serta tiupan terompet.

Upacara berakhir dengan seruan komandan upacara dalam bahasa tagalog “ginoo, tapos na po ang pag-aalau” (yang mulia, upacara telah selesai).

Seusai mengikuti upacara peletakan karangan bunga, Walikota Manila, Joseph Ejercito Estrada secara simbolis memberikan kunci sebagai simbol masuknya Presiden Jokowi ke kota Manila, Filipina.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, selain berkunjung ke Makam Pahlawan Rizal Park Monument, Presiden Jokowi hari ini dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Filipina Benigno S. Aquino III.

Selanjutnya, Presiden Jokowi akan menyaksikan penandatanganan dokumen kerja sama antara pemerintah Republik Indonesia dengan pemerintah Republik Filipina, dan melakukan pernyataan pers bersama.

Kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi ke Republik Filipina akan berakhir pada Senin (9/2) malam,  ditutup dengan jamuan makan malam kenegaraan yang rencananya akan dilakukan di Rizal Hall, Istana Malacanang.

Mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja ke Republik Filipina kali ini antara lain Menko Perekonomian Sofyan Jalil, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, dan Kepala BNP2TKI Nusron Wahid. Sementara bergabung di Manila Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Gubernur Lemhanas Budi Susilo Soepandji, dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Polisi Anang Iskandar.

(SK/ES)

Berita Terbaru