Presiden Jokowi Terima Kunjungan Resmi Presiden Republik Korea di Istana Merdeka

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 8 September 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 621 Kali

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi menerima kunjungan resmi Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol beserta istrinya, Kim Keon Hee, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (08/09/2023). (Foto: Humas Setkab/Jay)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Joko Widodo menerima kunjungan resmi Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol beserta istrinya, Kim Keon Hee, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (08/09/2023). Setibanya di Istana, Presiden Yoon Suk Yeol dan Ibu Kim Keon Hee menuju mimbar upacara untuk mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara diiringi korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Setelah itu, kedua pemimpin negara memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara. Kemudian, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mengajak Presiden Yoon Suk Yeol dan Ibu Kim Keon Hee untuk foto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan.

Kemudian, kedua pempimpin negara beserta delegasi melakukan pertemuan bilateral. Sementara itu, Ibu Iriana mengajak Ibu Kim Keon Hee untuk minum teh bersama di Ruang Jepara.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi yang turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut menyampaikan bahwa Presiden Yoon Suk Yeol mengucapkan selamat atas kepemimpinan Indonesia di ASEAN. Kehadiran Presiden Yoon Suk Yeol di Indonesia kali ini adalah untuk menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN dan KTT Lainnya.

“Presiden Korea Selatan sekali lagi menyampaikan selamat kepada Indonesia, selamat kepada kepemimpinan Presiden Jokowi di ASEAN. Dan KTT ASEAN dinilai berhasil dengan sangat baik,” ucap Menlu dalam keterangannya selepas pertemuan.

Selain itu, Menlu menuturkan bahwa kedua pemimpin menyampaikan komitmen dalam memperkuat hubungan kedua negara. Lebih lanjut, Presiden Yoon Suk Yeol juga menyampaikan dukungannya kepada Indonesia untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045.

“Presiden Korea Selatan juga menyampaikan dukungannya kepada Indonesia untuk mencapai visi Indonesia 2045. Dan tahun ini adalah 50 tahun hubungan Indonesia-Korea Selatan. Kedua pemimpin menyampaikan komitmennya untuk terus memperkuat hubungan bilateral,” tutur Menlu. (BPMI SETPRES/UN)

Berita Terbaru