Presiden Jokowi Tiba di Tanah Air Usai Lawatan ke Jepang

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 19 Desember 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 627 Kali

Presiden Jokowi tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (19/12/2023) dini hari, sekitar pukul 01.10 WIB. (Foto: BPMI Setpres/Vico)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Selasa (19/12/2023) dini hari, sekitar pukul 01.10 WIB, usai menempuh perjalanan selama kurang lebih tujuh jam dari Tokyo, Jepang.

Tampak menyambut Presiden di bawah tangga pesawat yakni Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sebelumnya, Presiden beserta rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Haneda, Tokyo, pada Senin (18/12/2023) sekitar pukul 19.30 waktu setempat (WS) atau 17.30 WIB. Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Jakarta yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Dalam kunjungannya ke Jepang, Presiden Jokowi telah menyampaikan pandangannya dalam beberapa forum kegiatan. Pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa ASEAN dan Jepang telah menyepakati sejumlah visi bersama dan rencana implementasi kemitraan ke depan.

Menurutnya, ASEAN dan Jepang telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama pada sejumlah bidang mulai dari ekonomi, pendidikan, hingga ketahanan pangan dan energi.

“Penguatan ketahanan pangan dan energi melalui kerja sama teknologi pertanian, mendorong investasi dan alih teknologi, percepatan transformasi digital melalui upaya upskilling dan reskilling SDM, serta peningkatan konektivitas digital, khususnya bagi UMKM,” kata Presiden saat menyampaikan pernyataan pers bersama Perdana Menteri (PM) Jepang Kishida Fumio di Hotel The Okura, Tokyo, Jepang, pada Minggu (17/12/2023) lalu.

Selain itu, sebagai mitra dalam perdamaian dan stabilitas, ASEAN dan Jepang terus berkomitmen menjaga pedamaian melalui kolaborasi yang inklusif, penghormatan aturan hukum internasional, dan penguatan sentralitas ASEAN. Kepala Negara pun meyakini kemitraan ASEAN dan Jepang akan terus berkontribusi dalam menjaga stabilitas dan perdamaian kawasan.

“Dengan semangat persahabatan, saya meyakini kemitraan ASEAN dan Jepang dapat terus berkontribusi menjaga stabilitas dan perdamaian, mendekatkan masyarakat, dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi di kawasan dan dunia,” ujarnya. (BPMI SETPRES/AIT)

Berita Terbaru