Presiden Jokowi Tinjau Pelabuhan Depapre

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 30 April 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 33.270 Kali
Presiden Jokowi meninjau Pelabuhan Depapre, Sentani, Papua, Sabtu (30/4). (Foto: BPMI)

Presiden Jokowi meninjau Pelabuhan Depapre, Sentani, Papua, Sabtu (30/4). (Foto: BPMI)

Mengakhiri rangkaian kunjungan kerjanya di Papua, Sabtu (30/4), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Pelabuhan Depapre, di Sentani.

“Ini Pelabuhan Peti Kemas Depapre yang memang baru awal dimulai. Dan kedepan tadi sudah sepakat antara Pak Gubernur, Pak Bupati, dengan Bu Menteri BUMN bahwa ini akan dikerjakan BUMN dan BUMD, Pelindo dan nanti BUMD di sini” kata Presiden Jokowi.

Sinergi antara BUMN dan BUMD tersebut, lanjut Presiden, akan mempercepat permbangunan pelabuhan ini. Presiden juga menambahkan, setelah pelabuhan peti kemas ini selesai, kira-kira 20 km dari pelabuhan, akan dibangun kawasan industri sehingga terintegrasi antara pelabuhan dan kawasan industri.

“Dengan itu kita harapkan karena ini pelabuhan dalam dari tanah Papua, dari Papua, kalau ekspor itu tidak usah lewat Makassar atau tidak usah lewat Surabaya. Itu langsung ke negara-negara tujuan,” ujar Presiden.

Pelabuhan Depapre ini, lanjut Presiden akan menjadi pelabuhan besar yang terkoneksi dan menjadi hub menuju ke pelabuhan sedang dan pelabuhan kecil.

“Yang gede nanti di pelabuhan Depapre, dan pelabuhan di Sorong. Dua yang gede,” kata Jokowi.

Dalam peninjauan Presiden didampingi oleh Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri BUMN Rini Soemarno, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, dan Gubernur Papua Lukas Enembe. (BPMI/UN)

Berita Terbaru