Presiden Jokowi Tinjau Rumah Pemulihan Gizi di Situbondo, Jatim

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 14 September 2016
Kategori: Nusantara
Dibaca: 12.391 Kali
Presiden Jokowi saat meninjau Rumah Pemulihan Gizi (RPG) di Situbondo, Rabu (14/9) siang. (Foto: Humas/Dina)

Presiden Jokowi saat meninjau Rumah Pemulihan Gizi (RPG) di Situbondo, Rabu (14/9) siang. (Foto: Humas/Jay)

Usai mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Landangan, di Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Rumah Pemulihan Gizi (RPG) di Situbondo, Rabu (14/9) siang.

Rumah Pemilihan Gizi (RPG) didirikan pada 13 Februari 2014, merupakan inisiatif dari Pemerintah Kabupaten Situbondo dalam mengatasi permasalahan gizi di wilayah tersebut.

Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F. Moeloek dalam laporannya mengatakan, bahwa pemerintah mempunyai suatu perhatian terhadap gizi masyarakat dengan memberikan bantuan makanan tambahan bagi yang kurang gizi.

Kabupaten Situbondo, lanjut Menkes, terlihat bahwa adanya angka yang begitu tidak baik, dimana angka stunting  dari 39 persen sekarang sudah turun menjadi 33 persen.  Namun normalnya harusnya turun sampai 20 persen. Kemudian anak kurang gizi dari  213 sekarang turun menjadi 169 anak.

“Apa yang dilakukan oleh Bapak Bupati, bahwa setelah melihat anak-anak kekurangan gizi ini, patut memang diintervesi atau dibantu dengan membuat Rumah Pemulihan Gizi (RPG),” lanjut Menkes.

Menkes menambahkan, Ibu Negara Iriana Jokowi sangat concern bagaimana melibatkan organisasi masyarakat, tim penggerak PKK untuk membantu anak-anak kurang gizi. Dan di Kabupaten Situbondo ini terjadi suatu kerja sama antara Tim Penggerak PKK dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo. Ia menyebutkan, ibu-ibu PKK yang menemukan anak-anak kurang gizi, anak tersebut diambil dan dititipkan di Dinas Kesehatan, sehingga akhirnya  Bupati Situbondo membuat Rumah Pemulihan Gizi.

Dalam kurun waktu satu tahun sejak didirikan, menurut Menkes, dampak nyata dari efektivitas kegiatan yang dilakukan RPG mulai terlihat. Intervensi/pemberian produk inovasi yang diberikan RPG berdampak pada menurunnya kasus gizi buruk di Kabupaten Situbondo pada tahun 2015, yaitu dari 213 kasus di tahun 2014 menjadi 169 kasus di tahun 2015.

Menurut Menkes, kegiatan RPG yang dilakukan mulai dari pemeriksaan status gizi, edukasi gizi, pemeriksaan medis dan screening gangguan akibat kekurangan yodium.

“Tentu harapan kami dengan contoh Rumah Pemulihan Gizi ini menjadikan suatu contoh nantinya atau bergulir di kabupaten-kabupaten yang lainnya,” ujar Menkes.

Bagi Makanan Tambahan

Seperti pada kunjungan sebelumnya di TPI Landangan, Presiden Jokowi dalam kunjungannya kali ini juga menyerahkan bantuan makanan tambahan kepada ibu hamil, balita, dan anak sekolah. Selain itu, Presiden juga membagikan sepeda untuk beberapa warga.

“Saya kira ibu-ibu dan anak-anak ingat semua ya tadi, masalah roti biskuit ya? Saya kira besok langsung bisa dimulai untuk di makan dan kita harapkan anak-anak semuanya sehat, yang balita juga sehat, yang ibu hamil nanti melahirkan sehat, dan pintar, cerdas semuanya,” tutup Presiden.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan ini antara lain Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Mensesneg Pratikno, dan Gubernur Jatim Soekarwo.(DNA/ES)

Nusantara Terbaru