Presiden Jokowi: Yunani Bergerak, Pelemahan Rupiah Terjadi

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 13 Februari 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 64.868 Kali
Presiden Jokowi memberikan arahan dalam pertemuan dengan Bupati/Walikota se Jawa dan Maluku, di Istana Bogor, Jabar, Jumat (13/2)

Presiden Jokowi memberikan arahan dalam pertemuan dengan Bupati/Walikota se Jawa dan Maluku, di Istana Bogor, Jabar, Jumat (13/2)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, masalah-masalah yang berkaitan dengan negara dan bangsa ke depan harus dikelola dan di-manage bersama-sama dari pusat, provinsi, sampai bupati, dan walikota, sehingga garisnya jelas.

“Apa yang akan kita kerjakan juga jelas,” kata Presiden Jokowi saat memberikan arahan dalam pertemuan dengan Bupati/Walikota wilayah Jawa dan Maluku, di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/2) pagi.

Menurut Kepala Negara, sekarang ini pergerakan di tiap negara, pertumbuhan di setiap negara selalu mempengaruhi negara lain seperti yang baru sehari-dua hari ini terjadi.

“Begitu Yunani bergerak kelihatan pembayar hutangnya tidak ketemu, pelemahan rupiah terjadi, pelemahan ringgit terjadi, pelemahan hampir semua mata uang terjadi,” ujar Kepala Negara.

Namun Presiden meyakini, hal-hal eksternal yang sering menyulitkan kita untuk mengelola ekonomi itu akan bisa diatasi, jika terdapat kerja sama yang baik dari pusat sampai ke daerah, demikian juga garis-garisnya.

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi juga menyampaikan, bahwa pertumbuhan ekonomi kita pada tahun 2014 lalu hanya 5,1%. Menurut Presiden, kalau kita ingin mengurangi pengangguran, kemiskinan, tidak ada jalan yang lain, pertumbuhan ekonomi harus didorong.

“Dalam 3 tahun kita harapkan sudah bisa di atas 7,” tegas Jokowi.

Pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Bupati/Walikota se Jawa dan Maluku itu juga dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Sekretaris Kabinet Andi Wijayanto, dan pejabat lainnya.

Pertemuan ini merupakan pertemuan tahap keempat yang diadakan Presiden bersama dengan para Bupati di seluruh Indonesia. Selain bupati, para gubernur se-Pulau Jawa juga hadir untuk mendapatkan arahan Presiden.

Para gubernur yang hadir tampak antara lain Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Gubernur Jatim Soekarwo. Selain itu juga tampak Ketua Asosiasi Pemerintahan Kabupatan Seluruh Indonesia (Apkasi) Isran Noor.

(Humas Setkab/ES)

Berita Terbaru