Presiden Optimistis Penyaluran KUR BSI Perkuat Perekonomian Aceh

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 10 Februari 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 1.451 Kali

Presiden Jokowi menyerahkan KUR 2023 dan Peluncuran Kartu Tani Digital, Jumat (10/02/2023), di Halaman PT. Pupuk Iskandar Muda, Kabupaten Aceh Utara.(Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meyakini pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp3 triliun yang dialokasikan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) di Aceh akan memperkuat pertumbuhan ekonomi di provinsi tersebut.

Hal tersebut disampaikan Presiden dalam sambutannya pada Penyerahan KUR 2023 dan Peluncuran Kartu Tani Digital, Jumat (10/02/2023), di Halaman PT. Pupuk Iskandar Muda, Kabupaten Aceh Utara.

“Rp3 triliun itu akan men-trigger, memperkuat, mengembangkan ekonomi di Aceh,” kata Presiden.

Presiden menambahkan, secara keseluruhan BSI menyediakan pembiayaan KUR sebesar Rp14 triliun.

“Bank Syariah Indonesia, untuk seluruh tanah air menyediakan Rp14 triliun pembiayaannya, Rp14 triliun dibagi 38 provinsi yang kita miliki. Aceh sendiri dapat Rp3 triliun,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kepala Negara mengingatkan kepada seluruh penerima KUR untuk berhati-hati dalam menggunakan dan mengelola dana KUR yang diperoleh agar jangan sampai terjadi kredit macet.

β€œIni saya titip pembiayaan itu harus betul-betul sangat disiplin dan harus setiap bulan kita siapkan untuk angsurannya,” tegasnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya pencatatan dalam kegiatan usaha, termasuk pengeluaran, pemasukan, dan keuntungan.

“Meskipun pakai buku sederhana tapi harus tercatat sehingga usaha kita itu kalau dilihat oleh Bank Syariah, ‘ini lho Pak Dirut, ini portofolio saya masa hanya diberi pembiayaan Rp50 juta harusnya ini Rp500 juta, Pak’,” ujarnya.

Turun mendampingi Presiden, antara lain, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur Aceh, Wali Kota Lhokseumawe, dan Bupati Aceh Utara. (MAY/UN)

Berita Terbaru