Presiden Tekankan Kebijakan Kelautan Harus Antisipasi dan Adaptasi Perkembangan Teknologi

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 19 Maret 2020
Kategori: Berita
Dibaca: 396 Kali

Presiden saat memberikan pengantar pada Ratas mengenai Kebijakan Kelautan Indonesia secara daring, Kamis (19/3). (Foto: Humas/Ibrahim).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa kebijakan kelautan Indonesia harus betul-betul mampu mengantisipasi dan mengadaptasi perkembangan teknologi baru.

Menurut Presiden, kemudahan layanan perizinan saat ini sudah cepat, namun dalam praktiknya di lapangan tetap memperhatikan kelestarian sumber daya perikanan.
“Sehingga perlu juga diikuti dengan pengendalian dan pengawasan yang baik. Jangan sampai hanya diberikan izin-izin, namun tidak diawasi di lapangan sehingga dampaknya justru akan merugikan kepentingan nasional kita,” tutur Presiden pada bagian lain saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas (ratas) mengenai Kebijakan Kelautan Indonesia secara daring, Kamis (19/3).
Lebih lanjut, Presiden juga meminta sumber daya manusia (SDM) terutama yang berkaitan dengan akses permodalan serta dukungan infrastruktur dan adaptasi terhadap teknologi baru, perlu mulai dikenalkan.
“Kembangkan sistem teknologi informasi terbaru dalam usaha perikanan tangkap dengan menggunakan big data, dengan menggunakan artificial inteligent, dan juga jangan hanya berkutat pada usaha perikanan tangkap. Tetapi kita juga harus masuk ke official aquaculture,” imbuh Presiden.
Pada bagian akhir pengantar, Presiden menekankan bahwa kebijakan kelautan harus betul-betul mengantisipasi dan mengadaptasi perkembangan teknologi baru.
“Sehingga bisa membuat industri perikanan kita makin produktif dan juga makin kompetitif,” pungkas Presiden. (TGH/EN)
Berita Terbaru