Presiden Tinjau Lokasi Terdampak Gempa di Kabupaten Malang

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 29 April 2021
Kategori: Berita
Dibaca: 205 Kali

Presiden Jokowi berdialog dengan warga terdampak gempa di Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur  Kamis, (29/04/2021). (Foto: Humas Setkab/Oji)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi terdampak gempa di Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur,  Kamis (29/04/2021).

Seperti telah diketahui sebelumnya, di lokasi tersebut telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6,1 SR yang dampaknya dapat dirasakan hampir di 32 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur.

“Sore hari ini saya berada di Desa Majangtengah, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur untuk meninjau gempa yang terjadi beberapa hari yang lalu,” ujarnya.

Dalam peninjauan tersebut, Presiden Jokowi tampak didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Malang H.M. Sanusi.

Berdasarkan laporan yang diterima, Presiden mengungkapkan bahwa gempa yang telah terjadi mengakibatkan kerusakan terhadap 1.716 rumah, baik itu rusak berat, rusak sedang, maupun rusak ringan.

Untuk menanggulangi kerusakan akibat gempa, Presiden mengungkapkan, pemerintah akan memberikan bantuan sejumlah uang untuk biaya pembangunan ulang rumah-rumah warga. Sedangkan untuk fasilitas umum yang mengalami kerusakan akan segera dikerjakan oleh pemerintah pusat.

“Semuanya nanti akan dibantu dari pemerintah, yang berat akan dibantu Rp50 juta, yang sedang dibantu Rp25 juta, dan yang ringan dibantu Rp10 juta. Dan kita harapkan nanti bisa segera dilaksanakan rekonstruksi dan untuk fasilitas umum seperti yang ada di belakang saya ini musala juga akan dikerjakan oleh Kementerian PUPR,” jelasnya.

Presiden berharap pembangunan ulang bagi rumah-rumah maupun fasilitas umum yang mengalami kerusakan dapat segera dikerjakan agar keadaan dapat pulih seperti sebelumnya.

“Saya kira kita ingin agar kehidupan bisa normal kembali dan kita harapkan kita semuanya nanti ke sini, ke Kabupaten Malang, semuanya sudah segera dimulai dikerjakan dalam bulan-bulan Mei ini,” pungkasnya. (TGH/AIT/TAR)

Berita Terbaru