Presiden Yakini Groundbreaking Kantor LPS di IKN Tingkatkan Kepercayaan

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 17 Januari 2024
Kategori: Berita
Dibaca: 315 Kali

Presiden Jokowi lakukan groundbreaking Gedung Arthadhyaksa, kantor LPS, di IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/01/2024). (Foto: BPMI Setpres)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meyakini peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan kompleks perkantoran Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan meningkatkan kepercayaan masyarakat, dunia usaha, hingga investor.

Hal tersebut disampaikan Presiden saat groundbreaking Gedung Arthadhyaksa, kantor LPS, di IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/01/2024).

“Kalau LPS sudah memulai artinya yang lain pasti akan percaya bahwa ibu kota ini akan segera jadi, dan meningkatkan rasa aman masyarakat, pelaku usaha, dan investor,” ujar Presiden.

Kepala Negara menyebutkan, pembangunan kompleks perkantoran LPS ini akan dilakukan secara bertahap, mulai dari gedung utama hingga fasilitas pendukungnya.

“Tahap satu akan dibangun gedung utama yang merupakan pusat operasional LPS, tahap kedua ketiga akan dilanjutkan dengan pembangunan dua gedung lainnya, serta fasalitas-fasilitas pendukungnya,” jelasnya.

Sebelumnya pada akhir tahun 2023, Presiden juga telah melakukan peletakan batu pertama perkantoran Bank Indonesia. Presiden mengungkapkan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga akan segera melakukan peletakan batu pertama kantornya di IKN.

Groundbreaking ini membuktikan kesungguhan komitmen kita, kesiapan kita untuk membangun Ibu Kota Nusantara menjadi ibu kota negara yang berkelas dunia,” ucapnya.

Presiden menambahkan, saat ini pemerintah juga tengah membangun sejumlah infrastruktur untuk mempermudah akses dan mempersingkat waktu tempuh menuju IKN. Presiden mencontohkan, keberadaan infrastruktur jalan tol akan mempersingkat waktu tempuh Balikpapan menuju IKN dari semula 1,5-2 jam menjadi sekitar 30 menit.

“Apabila jalan tolnya telah jadi sepanjang kurang lebih 47-an kilometer, kita hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit dari Balikpapan ke Ibu Kota Nusantara. Plus kalau nanti airport-nya jadi, dari airport baru ke titik kawasan inti Ibu Kota Nusantara hanya perlu waktu 15 menit,” pungkasnya. (DND/UN)

Berita Terbaru