Puncak Hari Lahir Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ke-50 Tahun dan Pembukaan Workshop Nasional DPR RI dan DPRD PPP di Sriwijaya Hall ICE BSD City Tangerang, Provinsi Banten, 17 Februari 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 18 Februari 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 1.806 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Puncak Hari Lahir Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ke-50 Tahun dan Pembukaan Workshop Nasional DPR RI dan DPRD PPP, 17 Februari 2023

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Bismillahirrahmanirrahim,
Alhamdulillahirabbil ‘alamin, washalatu wasalamu ‘ala asrafil ambiya’i wal mursalin, sayyidina wa habibina wa syafiina wa maulana Muhammadin, wa ‘ala alihi washahbihi ajma’in. Amma ba’du.

Yang saya hormati para Menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir bersama saya. Saya tidak menyebutkan satu per satu, karena tadi sudah disebutkan oleh Pak Ketua Umum;
Yang saya hormati Ketua dan jajaran Majelis Kehormatan PPP, Ketua dan jajaran Majelis Syariah PPP, Ketua dan jajaran Majelis Pertimbangan PPP, Ketua dan jajaran Majelis Pakar DPP PPP;
Yang saya hormati Ketua Umum DPP PPP Bapak Mardiono, beserta Pak Sekjen PPP Bapak Haji Muhammad Arwani Thomafi;
Yang saya hormati seluruh anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dari fraksi PPP dari seluruh tanah air Indonesia;
Yang saya hormati ketua dan pimpinan partai-partai politik yang hadir;
Yang saya hormati Yang Mulia para Alim Ulama, para Habaib, para Kiai, para Ibu Nyai;

Bapak-Ibu sekalian, hadirin dan undangan yang berbahagia.

Pertama-tama, kepada seluruh keluarga besar, kepada seluruh pengurus, anggota, dan kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP), saya mengucapkan selamat ulang tahun Partai Persatuan Pembangunan yang ke-50 dan sekaligus ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kontribusi PPP dalam mewarnai sejarah pembangunan negara kita, Indonesia.

Dan, kita semuanya berharap semoga PPP berjaya di Pemilu 2024, mendapatkan suara yang jauh lebih banyak dari yang sekarang, mendapatkan perolehan kursi di DPR/DPRD yang jauh lebih banyak dari yang sekarang.

Saya tadi bisik-bisik dengan Pak Ketua dan Pak Sekjen, berapa sih target PPP di 2024? Minimal 39 kursi. Sekarang 19 kursi. Artinya, lebih dari 100 persen. Ini menurut saya, untuk PPP bukan barang yang sulit. Karena kita tahu PPP ini sudah 50 tahun, sejarah kegigihan, sejarah ketangguhan. Ditekan, tangguh, tahan banting, mampu survive dan mampu bertahan, dan eksis sampai sekarang. Hati-hati, sudah 50 tahun dan masih eksis sampai sekarang. Artinya apa? PPP ini jagoan yang luar biasa. Menurut saya, karena sudah 50 tahun jaringannya sudah ada, infrastrukturnya sudah ada. Ulama-ulama di seluruh tanah air sebagai sebuah infrastruktur dan jaringan juga sudah ada. Sekarang tinggal niat kita, siap ndak untuk mencapai 39 kursi tadi.

Sekali lagi, dari pandangan saya yang jauh, saya meyakini insyaallah tidak ada masalah. Dengan bekerja keras, tentu saja. Saya diam-diam mengikuti, lho. Bapak Ketua Umum ini ke mana, saya tahu. Yang menyambut banyak atau tidak, saya juga tahu. Mengadakan pertemuan rapat-rapat besar di lapangan mana, saya juga tahu. Jadi, saya optimis. Tinggal Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara untuk bekerja keras dalam meraih target yang sudah tadi ditentukan.

Kemudian yang kedua, ini urusan 2024 yang kedua. Tadi urusan legislatif, sekarang urusan capres dan cawapres. Saya mau bertanya, PPP ini calonnya siapa, sih? Karena di sini hadir semua loh, ini hadir semua di sini calon-calon presiden dan wakil presiden. Yang saya kenal ada Pak Prabowo, yang saya tahu juga ada Pak Erick Thohir, yang saya tahu juga ada Pak Sandiaga Uno, yang saya tahu juga ada Pak Mahfud MD. Saya hampir lupa, juga ada Pak Mas AHY, dan tentu saja juga ada Ketua Umum PPP. Masih ada yang belum saya sebut ndak nanti? Yang hadir.

Jadi yang paling penting adalah saya titip tahun 2024 ini tinggal setahun, karena coblosannya di bulan Februari, ini sudah juga bulan Februari. Saya hanya titip, kita semuanya untuk tetap menjaga stabilitas politik, stabilitas keamanan, karena ini untuk saat ini sangat penting dan sangat diperlukan sekali. Karena kita diancam oleh risiko-risiko kegentingan global yang sulit dihitung, yang sulit diprediksi, dan sulit dikalkulasi. Sangat sulit sekali.

Tadi, Bapak Ketua Umum sudah menyampaikan bahwa yang masuk pasien IMF itu ada 16 negara. Itu tahun kemarin, Bapak Ketua. Saya baru saja mendapatkan informasi yang terakhir, yang masuk menjadi pasien IMF itu sudah 47 negara, 47 negara. Kita pernah menjadi pasien IMF saat ‘97-’98. Oleh sebab itu, situasi ekonomi ini harus kita jaga betul. Jangan sampai situasi ekonomi yang baik terganggu gara-gara perhelatan pemilu tahun depan, pilkada tahun depan. Ini yang harus kita jaga bersama-sama.

Kita tidak mau masuk lagi menjadi pasiennya IMF. Dan alhamdulillah, ini juga patut kita syukuri, tahun kemarin negara kita Indonesia tumbuh 5,31 persen. Itu masuk dalam dua besar negara-negara G20. Yang dulunya kita kalah dengan China, kalah dengan  negara-negara Korea [Selatan], Jepang, sekarang ini kita lebih baik dari mereka. Lebih baik dari Tiongkok, lebih baik dari Amerika, lebih baik dari Uni Eropa, ini yang patut kita syukuri.

Jadi, saya wanti-wanti kepada kita semuanya agar kita terus menjaga kondusifitas, keamanan, dan juga stabilitas politik agar  pertumbuhan ekonomi  ini tidak terganggu. Sehingga rakyat, kehidupan rakyat juga tidak terganggu karena perhelatan politik yang ingin kita lakukan di tahun 2024.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini. Dan, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Workshop Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia dari Partai Persatuan Pembangunan, saya buka sore hari ini.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru