Rapat Terbatas mengenai Persiapan Mudik Lebaran, di Pelabuhan Merak, Kabupaten Cilegon, Provinsi Banten, 11 April 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 11 April 2023
Kategori: Pengantar
Dibaca: 555 Kali

Pengantar Presiden Joko Widodo pada Rapat Terbatas mengenai Persiapan Mudik Lebaran, 11 April 2023

Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara semuanya,
Melihat mudik tahun yang lalu, ada catatan-catatan yang harus kita perbaiki dan catatan besarnya itu ada di Pelabuhan Merak dan juga di jalan tol. Oleh sebab itu, secara detail yang bekerja di lapangan itu harus betul-betul melihat, sehingga perbaikan dari manajemen tahun yang lalu untuk arus mudiknya harus, harus lebih baik.

Dan, saya sangat menghargai apa yang telah dilakukan di Pelabuhan Merak. Tadi disampaikan ada penambahan pelabuhan dermaga, dua, dan juga ada penambahan kapasitas yang cukup signifikan. Jadi, kapasitas dari 34 ribu ke 49 ribu, ini sebuah lompatan jumlah yang besar. Karena, kita tahu yang mudik nanti dari 86 [juta], tahun yang lalu, tahun ini diperkirakan dari hasil survei 123 juta, dari 86 juta ke 123 juta.

Oleh sebab itu, tambahan kapasitas dan tambahan pelabuhan dermaga ini sangat penting sekali. Dan, tadi juga saya lihat manajemennya sudah sangat detail, pelabuhan mana yang digunakan untuk kendaraan berat, pelabuhan mana yang dipakai untuk kendaraan bermotor, dan pelabuhan mana yang dipakai untuk kendaraan kecil dan bus.

Saya kira, cara manajemen sangat baik. Tetapi sekali lagi, nanti akan kita lihat jalannya manajemen itu di lapangan seperti apa, karena kalau kita ingat tahun yang lalu problem besar ada di Cikuasa atas dan di Cikuasa bawah. Apakah perbaikan yang kita lakukan betul-betul bisa menghilangkan problem yang telah terjadi di tahun yang lalu?

Kemudian yang kedua, selain Merak juga yang berkaitan dengan tol. Saya melihat jumlah rest area yang ini tahun yang lalu sangat mengganggu, ini jumlahnya juga sudah ditambah. Dan, kita harapkan utamanya, selain Kementerian Perhubungan, Polri, TNI, saya minta agar BUMN, saya minta agar gubernur, bupati, wali kota betul-betul turun ke bawah untuk melihat problem secara detail sehingga bisa mengeksekusinya langsung di lapangan. Karena, saya tidak bisa membayangkan dari 86 juta melompat ke 123 juta itu bukan sebuah manajemen yang mudah, perlu persiapan, perlu desain perencanaan yang baik.

Saya sangat berharap, kenapa saya ke sini, saya ingin memastikan bahwa semua nanti kita harapkan bisa berjalan dengan baik dan masyarakat betul-betul terlayani dengan baik. Tidak ada yang merasa berlama-lama di jalan, berlama-lama di pelabuhan, ada kemacetan. Itulah yang saya kira kita harapkan.

Saya rasa itu sebagai pengantar.
Terima kasih.

Pengantar Terbaru