Restoran Paviliun Indonesia Masuk 10 Tempat Terbaik Minum Kopi di Expo 2020 Dubai

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 23 Maret 2022
Kategori: Berita
Dibaca: 400 Kali

Mendag RI Muhammad Lutfi bersama Menteri Perdagangan Luar Negeri Uni Emirat Arab Thani bin Ahmed Al Zeyoudi saat membuka secara resmi Paviliun Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab, tahun 2021 silam. (Foto: Humas Kemendag)

Bandung Resto dan Java Café yang terletak di Paviliun Indonesia menjadi salah satu tempat terbaik di Expo 2020 Dubai untuk minum kopi. Daftar ini dikeluarkan oleh Time Out yang menjadi partner Expo 2020 Dubai dalam memberikan rating dan ulasan untuk seluruh resto dan kafe yang ada di paviliun negara peserta.

“Sekali lagi Indonesia mendapat kebanggaan karena diakui secara nyata oleh komunitas internasional. Kali ini, giliran restoran Indonesia yang menjadi favorit para pengunjung Expo 2020 Dubai,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan (Kemendag), Didi Sumedi yang juga merupakan Komisioner Jenderal Paviliun Indonesia .

Hadirnya restoran Indonesia di Paviliun, lanjut Didi, menjadi sarana terbaik dalam mengenalkan kualitas dan citarasa kuliner, khususnya kopi Indonesia yang beragam.

“Ini menjadi potensi untuk membuka peluang terhadap permintaan makanan dan kopi asli Indonesia dan diharapkan dapat mendorong ekspor,imbuhnya.

Selain Time Out, restoran dan kafe Paviliun Indonesia juga masuk sebagai 10 tempat terbaik untuk minum kopi berdasarkan rating yang diberikan para pengunjung restoran. Dalam lima bulan perhelatan, para pengunjung dapat menemukan kopi luwak, kopi termahal di dunia dengan harga yang terjangkau.

Menurut Java Café, kopi Indonesia yang paling terkenal di kalangan pengunjung adalah kopi Luwak, kopi Toraja, dan kopi Gayo Aceh. Hal ini dibuktikan dengan terjualnya ratusan gelas kopi tiap hari dan banyaknya staf paviliun negara lain yang menjadi pelanggan kopi.

“Rasa kopi Luwak yang disajikan sangat lembut dan aromanya sangat menggoda. Hampir setiap hari saya mengajak teman untuk menikmati kopi dari Java Café,” ucap staf Expo 2020 Dubai, Adriane.

Restoran dan kafe menjadi salah satu daya tarik masyarakat lokal untuk mengunjungi Pavilun Indonesia dengan rata-rata puluhan ribu pengunjung di beberapa minggu terakhir. Jumlah pengunjung Paviliun Indonesia diperkirakan semakin meningkat selama beberapa hari ke depan, khususnya menjelang akhir gelaran Expo 2020 Dubai.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah Kementerian Perdagangan, pada periode Januari 2022, ekspor kopi Indonesia tercatat sebesar 99,16 juta Dolar AS, atau naik 44,02 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat 68,85 juta Dolar AS. Sedangkan pada 2021, ekspor kopi Indonesia mencapai 851,72 juta Dolar AS, atau naik 3,62 persen dari tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 821,93 juta Dolar AS. (HUMAS KEMENDAG/UN)

Kunjungi laman resmi Kemendag melalui tautan ini.

[Tonton Podkabs Episode 2: Menteri PUPR Kupas Tuntas Visi dan Tantangan Pembangunan Infrastruktur di Tanah Air di Kanal YouTube Setkab]

[Dengarkan Podkabs Episode 2: Menteri PUPR Kupas Tuntas Visi dan Tantangan Pembangunan Infrastruktur di Tanah Air di kanal Spotify Setkab]

Berita Terbaru