Saat Pulau Enggano Jadi Pusat Upacara HUT ke-71 Kemerdekaan RI Pulau-Pulau Kecil Terluar

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 18 Agustus 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 29.567 Kali
Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti dan Deputi Kemaritiman Setkab Ratih Nurdiati hadir dalam Peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI, di Pulau Enggano, Rabu (17/8) pagi. (Foto: JAY/Humas)

Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti dan Deputi Kemaritiman Setkab Ratih Nurdiati hadir dalam Peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI, di Pulau Enggano, Rabu (17/8) pagi. (Foto: Humas/Jay)

Peringatan detik-detik proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Provinsi Bengkulu dipusatkan di Pulau Enggano, Bengkulu Utara. Berlokasi di lapangan Kecamatan Enggano, Rabu (17/8) pagi. Upacara yang dipimpin langsung oleh Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti sekaligus menjadi pusat peringatan serupa untuk pulau-pulau kecil terluar di seluruh Indonesia.

Dalam upacara tersebut, dilakukan peniupan terompet kerang yang dilakukan oleh masyarakat adat Pulau Enggano. Sementara teks proklamasi Kemerdekaan RI dibacakan oleh Ketua DPRD Bengkulu Utara Aliator Harahap, dan pembacaan doa dilakukan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara. Bertugas sebagai pasukan pengibar bendera merah putih adalah 26 siswa dari SMAN 1 Enggano.

Suasana haru dan hikmat mewarnai upacara yang juga diikuti oleh perwakilan beberapa pulau kecil terluar di Indonesia itu. Sebelumnya, peserta lebih dulu mengikuti kegiatan menanam pohon cemara pantai yang digelar di Desa Kanaa, dan Festival Budaya yang dipusatkan di kantor Kecamatan Enggano.

Tampak hadir dalam upacara HUT ke-71 Kemerdekaan RI itu, antara lain Gubernur Bengkulu, Deputi Seskab Bidang Kemaritiman Ratih Nurdiati, Bupati Bengkulu Utara Mian, Camat Enggano, Direktur Jenderal PRL KKP, Perwakilan Kementerian Koordinator Kemaritiman, Perwakilan Bappenas, Rektor Universitas Bengkulu, jajaran TNI, dan warga Pulau Enggano. (FID/ES)

Berita Terbaru