Sabtu Pagi, Presiden Jokowi Resmikan Tol Cikopo – Palimanan

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 13 Juni 2015
Kategori: Nusantara
Dibaca: 96.533 Kali

OriginalSetelah meresmikan pengoperasian jalan tol Gempol – Pandaan, di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (12/3) kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Sabtu (13/6) pagi ini kembali dijadwalkan meresmikan pengoperasian jalan tol, yaitu jalan tol Tol Cikopo – Palimanan (Cipali), Jawa Barat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengemukakan, peresmian jalan tol terpanjang di luar tol Jakarta – Merak itu dipercepat dari rencana semula Senin (15/6) karena Presiden Jokowi minggu depan akan berkonsetrasi di Jakarta.

Dengan diresmikannya tol sepanjang 116,7 km itu, menurut Menteri PUPR, akan bisa menguraikan kemacetan di Pantura, terutama saat mudik Lebaran 2015, “Menurut keterangan Korlantas bisa mengurangi 40 persen kepadatan di Pantura,” ujarnya.

Secara terpisah Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hediyanto W Husaini mengemukakan, jalan bebas hambatan itu dibangun oleh PT Lintas Marga Sedaya. Tol Cipali akan memangkas jarak Cikampek – Palimanan hingga 40 kilometer ketimbang pengendara melewati jalur Pantura.

Menurut Hediyanto, jalan tol Cipali sudah 100 persen siap beroperasi.  “Tidak ada lagi pembangunan jalan, semua beres. Dua minggu lalu saya pantau saja tinggal pengecetan, marka, rest area, SPBU. Sedangkan jalannya sudah siap operasi,” terangnya.

Kehadiran jalan bebas hambatan ini diharapkan mampu mengurai kemacetan yang kerap terjadi di jalur Pantai Utara serta akan menghemat waktu perjalanan pengendara saat mudik Lebaran. (*/ES)

Nusantara Terbaru