Salat Iduladha 1443 H/2022 M, di Masjid Istiqlal, Provinsi DKI Jakarta, 10 Juli 2022

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 10 Juli 2022
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 289 Kali

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin.
Pagi hari ini, kita baru saja menunaikan ibadah salat Id di hari raya 1443 hijriah ini di tahun 2022.

Hari raya Iduladha kita maknai sebagai sebuah ketauhidan, sebuah aktivitas dengan menebarkan kebaikan yang sebanyak-banyaknya untuk sesama, menebarkan rasa bahagia yang sebanyak-banyaknya kepada kanan-kiri kita, bukan hanya berkorban dalam menyembelih hewan kurban tetapi makna yang tadi saya sampaikan adalah hal yang lebih penting untuk bisa kita lakukan.

Saya juga ingin mengingatkan kepada kita semuanya bahwa COVID-19 masih ada. Oleh sebab itu, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, memakai masker adalah masih sebuah keharusan. Juga utamanya untuk kota-kota yang interaksi masyarakatnya tinggi, saya masih mengingatkan lagi untuk pemerintah daerah, pemerintah kabupaten, dan provinsi, serta TNI dan Polri, untuk terus melakukan vaksinasi booster karena ini memang diperlukan.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan pada kesempatan ini.

Wartawan
Soal sapinya mungkin dijelaskan, soal sapi di provinsi lain, Pak Presiden?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Saya kira tidak perlu.

Wartawan
Pak, untuk booster apakah akan terus menjadi keharusan/kewajiban dalam perjalanan ke depan? Untuk vaksin booster, apakah akan menjadi syarat perjalanan ke depan?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Kita tetap harus hati-hati, kita tetap harus waspada, karena memang faktanya COVID-19 itu masih ada, utamanya yang varian BA.4 dan BA.5 di semua negara. Alhamdulillah kita masih  berada pada angka-angka yang masih terkendali, negara-negara lain ada yang masih di atas 100 ribu kasus hariannya. Itu yang harus kita waspadai.

Wartawan
Apa sudah bisa naik haji, Pak? Apa sudah bisa berangkat haji tahun ini?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Iya, alhamdulillah, tadi saya lupa. Kita berdoa bersama agar saudara-saudara kita yang sedang menunaikan ibadah haji, supaya diberikan keselamatan, supaya diberikan kesehatan, kesabaran, dan nanti sampai ke tanah air semuanya dalam keadaan selamat dan membawa haji yang mabrur.

Wartawan
Mungkin disampaikan kepada masyarakat terkait bahwa… (audio tidak terdengar dengan jelas)

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Kemarin kan sudah saya sampaikan.

Wartawan
Terima kasih, Bapak.

Keterangan Pers Terbaru